Info Buku : Panduan Membuat Mail Server dengan Zimbra

Salah seorang alumni training Excellent, mas Athailah sukses menerbitkan buku pertamanya yang membahas mengenai Zimbra beberapa waktu yang lalu. Kini ia menerbitkan bukunya yang kedua, yang diterbitkan oleh Jasakom dan membahas Zimbra secara lebih detail.Saya sangat mengapresiasi penerbitan buku-bukunya (yang lain adalah buku tentang Mastering Ubuntu dan tips trick Ubuntu) ini karena bisa memperkaya literatur para SysAdmin mail server di Indonesia yang menggunakan Zimbra sebagai back end mail server yang powerful.

Berikut adalah resensi yang ia sampaikan :

*****

Setelah selesai dengan buku Zimbra yang pertama yang membahas tentang cara membuat email server dengan zimbra pada distro Linux Ubuntu Server dan beberapa trik & trip Zimbra versi 5.xx, maka pada buku kali ini yang diterbitkan oleh Jasakom penulis membahas cara menginstall Zimbra di tiga distro besar sekaligus, yaitu: Ubuntu, SLES, dan CentOS.

Pada buku ini yang dibahas sudah merupakan Zimbra versi terkini, yaitu Zimbra versi 7.xx dan disesuaikan beberapa bagian dengan fasilitas Zimbra versi tersebut. Jadi buku sebelumnya yang diterbitkan Skripta sudah lengkap, namun akan lebih sempurna lagi kelengkapan ilmu tentang Zimbra Anda jika Anda juga memiliki buku ini.

Jika Anda tertarik dengan buku ini, Anda dapat membelinya di toko buku langganan terdekat dengan tempat tinggal Anda, atau Anda dapat memesannya secara online di toko-toko online berikut:

Buku ini dihargai sebesar Rp. 55.000,- di toko buku Gramedia Batam dimana saya tinggal, mungkin harga akan bervariasi tergantung kebijakan toko buku daerah Anda masing-masing.

*****

Berikut adalah beberapa isi dari bukunya :

Apa itu Zimbra? …………………………………………..1
Versi-versi Zimbra…………………………………………3
Kebutuhan hardware…………………………………………3
Kebutuhan space harddisk untuk mail box ……………………..4
Komponen-komponen Zimbra …………………………………..5
Sistem Operasi untuk Zimbra ………………………………..6
SUSE Linux Enterprise Server (SLES) …………………………7
Menginstall SUSE Linux Enterprise Server (SLES) ………………8
Ubuntu Server 10.04 ……………………………………….26
Menginstall UBUNTU Server 10.04 …………………………….26
CentOS 6 …………………………………………………43
Menginstall CentOS 6 ………………………………………43
Konfigurasi Linux untuk kebutuhan Zimbra …………………….62
Konfigurasi jaringan (IP Statik) ……………………………62
Konfigurasi jaringan di SLES………………………………..62
Konfigurasi jaringan di Ubuntu Server ……………………….69
Konfigurasi jaringan di CentOS ……………………………..71
File /etc/hosts……………………………………………73
File /etc/resolv.conf ……………………………………..75
DNS Server ……………………………………………….76
Install dan konfigurasi DNS di SLES………………………….77
Menginstall DNS di SLES. …………………………………..77
Menkonfigurasi DNS di SLES………………………………….78
Install dan konfigurasi DNS di Ubuntu Server …………………84
Install dan konfigurasi DNS di CentOS ……………………….85
Menginstall DNS di CentOS ………………………………….85
Mengkonfigurasi DNS di CentOS ………………………………86

dan seterusnya termasuk manajemen Zimbra melalui Zimbra Admin, konfigurasi mail client dan proses backup/restore. Total ada sekitar 170 halaman. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang hendak memperluas pengetahuan dibidang Zimbra Mail Server.

Catatan : Kalau ada yang iseng tanya, kapan Excellent juga menerbitkan buku, doakan saja bisa secepatnya. Untuk sementara modulnya bisa dilihat disini 😉 . Kalau ada yang punya waktu merangkum modul-modul training Excellent untuk diterbitkan sebagai buku, silakan kabari saya. Modulnya sudah siap cetak, hanya saja butuh penyesuaian baik gambar maupun layout dengan format dari nulisbuku.com. Selain ketersediaan waktu luang, saya akan lebih mengapresiasi peminat jika saat ini belum bekerja, senang menulis dan mau freelance di Excellent. Tercatat sebagai alumni training di Excellent merupakan nilai tambah namun tidak mandatory.

Beberapa kali minta staff saya untuk merangkumnya, ternyata tidak selesai-selesai karena dikerjakan sebagai pekerjaan sambilan 😀 . Pinginnya sih bisa fokus mengerjakan ini, karena jika fokus, mestinya 1 draft buku bisa selesai dirapikan dalam waktu 2 hari s/d 1 minggu. Kalau proyeknya sukses, saya ada beberapa project lain yang akan dijalankan termasuk mengirim beberapa staff untuk sertifikasi.

Pin It

2 thoughts on “Info Buku : Panduan Membuat Mail Server dengan Zimbra

  1. Terima kasih Mas, wah semoga bukunya juga ceat selesai dan diterbitkan. Karena tentunya ilmu pen Zimbra an Mas Vavai lebih mumpuni.

    Andaikan saya punya waktu saya bersedia merangkum naskahnya. Namun apa daya, waktu sehari tetap 24 jam tidak lebih. Dan waktu tersebut cepat sekali terisi dengan kegiatan-kegiatan kita yang tiada habisnya untuk survive di dunia 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*