Beli Buku Seri Laura & Rose : Rumah Kecil di Padang Rumput & Lereng Bukit

Saya membaca seri buku Laura Ingalls Wilder, “Rumah Kecil di Padang Rumput” alias “Little House on the Prairie” pertama kali saat SD. Saat itu saya sudah terpesona pada kedalaman dan keindahan cerita Laura yang membuat saya membayangkan tentunya menyenangkan sekali bermain-main di padang rumput yang luas. Sejak itu pula saya ingat bahwa bahasa Inggris dari “Padang Rumput” adalah Prairie :-D

Beberapa waktu yang lalu saya kembali menemukan seri buku ini di TB Gunung Agung. Saya kembali terpesona membaca ulang kisah ini meski sudah pernah membacanya semasa SD. Saya bahkan masih ingat alur ceritanya. Saat saya membacanya sekarang, saya jauh lebih terpesona karena baru menyadari keindahan cerita dan kedalaman pesan moral yang disampaikan oleh Laura.

Sayangnya koleksi di TB Gunung Agung Borobudur Bekasi kurang lengkap. Saya harus melengkapinya dengan membeli di TB Gunung Agung Bekasi Cyber Park, TB Gramedia Metropolitan Mall dan membeli online pada seorang rekan yang saya kenal via milis dan forum.

Berikut adalah daftar lengkap buku seri Laura :

  1. Rumah Kecil di Rimba Besar
  2. Rumah Kecil di Padang Rumput
  3. Anak Tani
  4. Di Tepi Sungai Plum
  5. Di Pantai Danau Perak
  6. Musim Dingin yang Panjang
  7. Kota Kecil di Padang Rumput
  8. Tahun-tahun Bahagia
  9. Empat Tahun Pertama
  10. Pengelana Rumah Kecil
  11. Dalam Perjalanan Pulang

Beberapa sinopsis bukunya :

Judul: Rumah Kecil di Rimba Besar • Tebal: 216 halaman

Hewan-hewan liar menggeram di kedalaman rimba di Wisconsin. Di rimba yang sama itu pulalah Laura Tinggal bersama Pa, Ma dan kedua saudarinya, Mary dan si bayi mungil, Carrie, di dalam pondok kecil yang terbuat dari kayu. Di sana Pa berburu dan memasang perangkap hewan, sementara Ma membuat keju dan kue. Sepanjang ,alam dingin, angin bertiup sepi. Namun, Pa memainkan biolanya dan bernyanyi, menjaga keluarganya tetap hangat dan aman. Inilah buku pertama dari seri Laura.

Judul: Rumah Kecil di Padang Rumput • Tebal: 334 halaman

Petualangan Laura berlanjut. Setelah Rimba Besar telah penuh sesak, Pa menjual rumah kecil mereka di sana dan membuat sebuah gerobak beratap kain terpal. Dari daerah Wisconsin, mereka berkelana menembus Iowa dan Missouri, masuk ke suatu wilayah Indian, di negara bagian Kansas. Di sini, Pa membangun sebuah rumah kecil di tengah padang rumput. Memulai hidup baru di wilayah asing dengan beratapkan langit tak berbatas. Kesulitan demi kesulitan menghadang mereka.

Judul: Anak Tani • Tebal: 366 halaman

Sementara Laura berkelana di daerah Barat, Almanzo, yang kelak menjadi suami Laura, tumbuh besar di suatu daerah pertanian besar di Malone, negara bagian New York. Hari-harinya dipenuhi dengan berbagai kegiatan dari melatih anak sapi, mencukur biri-biri, menggebuk gndum, sampai mengangkut kayu. Almanzo kecil belum dapat membuat keputusan sendiri ketik ia ditanya oleh ayahnya apakah ia mau bekerja di bengkel di kota.

Judul: Di Tepi Sungai Plum • Tebal: 362 halaman

Ditemani Jack, si anjing setia, gerobak kuda keluarga Ingalls kini menempuh perjalanan jauh kembali. Di lembah berbukit, di tepi sungai Plum, kelurga Ingalls memulai hidup baru. Setelah pindah dari daerah Indian, Kansas, kini mereka membangun rumah kecil yang baru di Minnesota. Keluarga ini menghadapi bahaya dan petualangan baru: hama belalang dan badai salju. Laura pun harus berhadapan dengan Nellie Oleson.

Judul: Di Pantai Danau Perak • Tebal: 366 halaman

Semakin jauh ke Barat. Itulah cita-cita Pa dan Laura. Derap pembangunan di daerah Barat membuka peluang bagi mereka untuk melanjutkan petualangan. Namun, Ma yang ingin agar anak-anaknya bersekolah kembali merasa bahwa kini sudah waktunya bagi mereka untuk menetap. Di wilayah baru, di Dakota Selatan, di tengah pembangunan jalur rel kereta api dan di pinggiran Danau Perak, keluarga ini mulai mencari tempat tinggal, suatu rumah kecil yang baru.

~oOo~

Laura Ingalls, gadis pionir favorit Amerika Serikat menuliskan pengalamannya ketika ia bersama keluarganya melintasi padang rumput, hutan, dan pegunungan di wilayah Wisconsin, Kansas, Minnesota, dan Dakota Selatan. Berkelana dengan menggunakan gerobak kuda tertutup terpal, ia menjadi salah seorang saksi mata pertumbuhan Amerika Serikat yang sedang berkembang menjadi suatu negara maju. Selain menjadi salah satu karya sastra terbaik di Amerika Serikat dan dunia, tulisannya sarat dengan pesan mengenai kerja keras, ketekunan, keberanian, tolong menolong, dan jiwa petualangan. 

Sedemikian menariknya buku ini sehingga isteri saya my Dear Rey yang notabene bukan pembaca buku kelas berat sangat menyukai buku ini. Isteri saya malah terbalik membacanya, mulai membaca dari seri Rose (anak Laura) baru membaca seri Laura.

Saya berencana menjadikan seri buku ini sebagai salah satu seri yang secara lengkap saya siapkan di Taman Bacaan Excellent yang sedang dibangun di Tambun. Harapannya, akan ada lebih banyak anak-anak Indonesia yang mendapat pencerahan moral dari kisah Laura, mulai dari keberanian, sifat petualang, kerja keras dan sifat pantang menyerah.

Masukkan alamat email pada form dibawah ini untuk menerima update mengenai artikel, tutorial atau tips terbaru dari website ini:

Delivered by FeedBurner

10 Responses for “Beli Buku Seri Laura & Rose : Rumah Kecil di Padang Rumput & Lereng Bukit”

  1. adhiaxa says:

    buku bacaan saya waktu kecil, jaman masih belum dijajah sama komik2 jepang ;),
    saya baca seri laura lengka, tapi entah kenapa untuk baca seri Rose malah ndak terlalu antusias

  2. wawan says:

    5 sekawan, trio detektif sekarang laura, wah kapan deni manusia ikan ?
    :-)

  3. Dedhi says:

    I am thinking of donating my collection of English novel like the one from Frederick Forsyth, Tom Clancy, Arthur Hailey, Dan Brown, Robert Ludlum, etc. If that is inline with your mission for opening this place, email me.

  4. @Adhiaxa,
    Mungkin karena kisah Laura lebih bersifat petualang mas ;-)

    @Wawan, Deni manusia ikan dulu baca di Majalah Bobo mas :-)

    @Dedhi, I’ll be glad & appreciate for any donations (especially books) regarding “Taman Bacaan” project. I’ll be contact you by email.

  5. [...] membeli full 1 koleksi lengkap secara online ke seorang rekan, pada siapa saya juga membeli buku “Laura Ingalls Wilder-Seri Rumah Kecil di Padang Rumput”. Total ada 21 buku Lima Sekawan yang saya beli, seri lengkap karangan Enid Blyton. Saya juga [...]

  6. melivedder says:

    mas vavai, saya juga pengen banget beli serial komplit laura & lima sekawan, saya posisi di samarinda, gramed sini sama sekali nggak lengkap, boleh saya tau kontak dimana saya bisa beli via online? thx berat ya mas vavai, btw great posting! :p

  7. [...] Bebek, Gober dll), termasuk buku-buku bacaan seperti Lima Sekawan, Trio Detektif, Pasukan Mau Tahu, Rumah Kecil di Padang Rumput termasuk buku-buku terbitan pengarang Indonesia semacam Bung Smas, Dwianto Setyawan, Lupusnya [...]

  8. nouphie says:

    mas, saya mau lengkapin koleksi ttg seri rumah kecil, saya cuma punya 6, itupun cerita ttg laura, pengen lengkapin mas, penasaran banget..
    dimana bisa belinya ya? tolong kasih tau ya mas? :)

  9. yoppi operasisco says:

    buku yg sangat menginspirasi saya. terutama ttg kehidupan keluarga ingalls yg sangat mengandalkan alam.
    untuk teman2 yg juga penggemar cerita laura,add facebook sya : Yoppi Operasisco.

  10. Mawarni says:

    Halo. Buku little house sampai sekarang masih diminati banyak orang. Saya menjual buku2 seri Little House (Seri Laura, Seri Rose, Seri Caroline, Seri Charlotte, & Seri Martha) lengkap. Silakan memesan, dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian di atas 5 eks. Hub saya di 08881625518. Semoga bermanfaat dan berkenan juga. Trima kasih :)

Leave a Reply

Google Adsense

openSUSE 13.1

Ads

Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes