Tag File-File Audio dengan Easytag di LinuxMint 12

Tutorial ini akan memberitahu anda cara merubah informasi file-file suara seperti artisnya atau judulnya, yang biasa disebut tag, dengan cara yang cepat menggunakan program Easytag.

Note
Saya menggunakan LinuxMint 12, dan tidak ada perbedaan langkah yang terlalu jauh jika anda ingin mencobanya di distro lainnya yang berbasis Ubuntu. Easytag hanya bisa melakukan proses tag pada file-file audio spt MP3, MP2, FLAC, Ogg Vorbis, MP4/AAC, MusePack atau Monkey’s.

Install Easytag
Untuk menginstalnya, buka terminal lalu ketikkan perintah:

sudo apt-get install easytag

Masukkan password anda dan tekan Enter, paket akan segera di download dan langsung diinstal. Cara lain adalah dengan membuka Synaptic Package Manager dan ketikkan Easytag pada kolom pencarian.

Mengetag File Suara
Setelah terinstal, anda bisa membuka program Easytag dari Applications > Sound & Video > Easytag. Jalankan programnya dan Tree Panel disebelah kiri untuk mencari dimana folder dan file-file audio anda berada. Semua folder yang berisi content audio akan ditampilkan di panel tengah.

Untuk memilih beberapa item sekaligus, tekan tombol Ctrl sambil klik kiri pada file-file yang dipilih. Tag-tag yang tersedia kemudian akan muncul di panel Tag sebelah kanan. Jika anda memilih lebih dari 1 item dan ingin mengisi tag untuk semuanya sekaligus, isi kolom informasinya lalu klik tombol kecil di sebelah kanannya. Simpan file setelah selesai dirubah. Anda bisa juga mengetag file-file tsb secara manual atau menggunakan pencarian database untuk mendapatkan informasi yang sesuai dari internet:

Metode ini, membutuhkan track album yang bagus dan lengkap, tidak mungkin menemukan informasi album yg tepat jika ada satu atau lebih track yang hilang. Dimana database yang anda gunakan bisa dikonfigurasi di program setting begitu pula opsi lainnya.

Sumber: HowtoForge.com

Pin It

2 thoughts on “Tag File-File Audio dengan Easytag di LinuxMint 12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*