Multi-Server Zimbra Collaboraton Suite

Multi-Server

Multi-Server Zimbra adalah suatu grup server zimbra yang masing-masing servicenya dipisah, untuk menjaga performance server Zimbra agar tetap optimal. Skenario Multi-server ini dilakukan ketika jumlah user pada perusahaan / organisasi sudah sangat banyak. Misalnya, Perusahaan tempat kita bekerja memiliki jumlah akun sebanyak 500.000 dengan jumlah transaksi mencapai 1,5 dari jumlah akun. Jika dengan skenario single server, service terasa menjadi agak lambat. Maka saat itu instalasi multi-server diperlukan untuk memisahkan service-service yg ada.

Multi-Server, juga berguna ketika suatu perusahaan memiliki server “jangkrik” yg kurang mumpuni tapi memiliki jumlah lumayan banyak. Misalnya, perusahaan tempat kita bekerja memiliki 4 komputer server dengan spesifikasi yang pas-pasan. Sementara jumlah user ada banyak & perusahaan tidak mau investasi lebih karena merasa sudah memiliki banyak komputer yg spesifikasi diatas rata-rata komputer biasa tapi masih di bawah spesifikasi server.

Sebelum memulai instalasi Multi-Server Zimbra, Anda terlebih dahulu harus mengenal beberapa paket yang digunakan oleh Zimbra. Arsitektur Zimbra merupakan integrasi dari aplikasi open-source yang menggunakan standar protokol industri. Software pihak ketiga (third-party) yang telah di tes dan dikonfigurasi untuk dapat bekerja dengan Zimbra.

Berikut adalah paket yang disertakan dalam Zimbra Collaboration Suite:

  • Zimbra Core (Inti Zimbra). Paket ini meliputi library, utility, alat monitoring dan file konfigurasi dasar. Zimbra Core secara otomatis terpasang pada setiap server.
  • Zimbra LDAP. Autentifikasi pengguna yang dilayani melalui software OpenLDAP®. Setiap akun dalam server Zimbra memiliki ID mailbok yang unik dengan primary key untuk mengidentifikasi masing-masing akun. Skema OpenLDAP telah dikostumisasi khusus untuk Zimbra Collaboration Server. Anda juga dapat melakukan konfigurasi replikasi LDAP. Konfigurasi sebuah server LDAP Master dan server LDAP replika.
  • Zimbra Store. Zimbra Store meliputi komponen untuk server mailbok, termasuk Jetty, yang mana merupakan kumpulan servlet dari Zimbra software. Mailbok Zimbra memiliki komponen berikut:
    • Data Store. Adalah sebuah database MySQL®.
    • Message store. Adalah tempat dimana semua isi email dan lampiran file ditempatkan.
    • Index Store. Teknologi Indeks dan Pencarian yang dilakukan melalui Lucene. Indeks file dikelola untuk setiap mailbok.
  • Zimbra MTA. Postfix adalah mail transfer agent (MTA) open-source yang menerima email melalui SMTP dan mengarahkan
    setiap pesan menuju Mailbok Zimbra menggunakan Local Mail Transfer Protocol (LMTP). Dalam Zimbra MTA di dalamnya terdapat komponen Anti-Virus dan Anti-Spam.
  • Zimbra SNMP. Memasang Zimbra SNMP adalah sebuah pilihan. Jika Anda memilih memasang Zimbra SNMP untuk monitoring, paket ini sebaiknya dipasa pada setiap server.
  • Zimbra Logger. Memasang paket Zimbra Logger merupakan sebuah pilihan dan dipasang pada server mailbok. Zimbra Logger merupakan tool untuk melihat kumpulan syslog dan pelaporan. Jika Anda tidak menginstall logger, maka bagian statistik server di konsol administrasi tidak akan ditampilkan.
    Catatan: Paket Zimbra Logger harus diinstall bersamaan dengan Mailbok server.
  • Zimbra Spell. Memasang paket Zimbra Spell juga merupakan pilihan. Paket ini adalah aplikasi open-source pemeriksa pengetikan menggunakan Zimbra Web Client.
  • Zimbra Apache. Paket ini otomatis terpasang ketika Zimbra Spell diinstall.

Catatan:

Metode Single-Server atau Multi-Server merupakan sebuah pilihan. Gunakan multi-server jika kondisi memang benar-benar membutuhkan.  Sebelum memutuskan melakukan instalasi Multi-Server, Anda harus memahami keseluruhan konsep administrasi sistem dan tugas-tugas serta sudah familiar dengan standar komunikasi email, servis direktori, dan manajemen database.

Tulisan berlanjut kesini.

Pin It

4 thoughts on “Multi-Server Zimbra Collaboraton Suite

  1. Pingback: Multi-Server Zimbra – Langkah Pertama Instalasi | Migrasi Windows Linux

  2. Pingback: Instalasi Multi-Server Zimbra (3) – Instalasi LDAP Master | Migrasi Windows Linux

  3. Pingback: Instalasi Multi-Server Zimbra (4) – Instalasi MTA Server | Migrasi Windows Linux

  4. Pingback: Instalasi Multi-Server Zimbra (2) – Instalasi LDAP Master | Migrasi Windows Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*