Cara membackup file menggunakan Déjà Dup di LinuxMint 12

Masih berkaitan dengan artikel saya tentang backup membackup, kali ini saya akan menyajikan cara membackup file-file anda menggunakan program penduplikat file berbasis GUI yaitu déjà dup.

Install Déjà Dup

Déjà Dup sudah menjadi tool backup default di LinuxMint 12, jika anda menggunakan Linuxmint 11 anda dapat dengan mudah menginstalnya melalui Software Manager dengan cara mengetik deja-dup di kolom pencarian. Cara lainnya adalah menggunakan perintah berikut di terminal.

sudo apt-get install deja-dup

 

Backup File

Silahkan buka Déjà Dup melalui Menu > System Tools > System Settings lalu klik ikon Backup, setelah terbuka anda akan dihadapkan pada menu Overview dimana konfigurasi program backup masih default dan posisi program masih OFF.

Sebelum membackup file, anda harus menkonfigurasi file apa saja yang mau dibackup, dimana backup akan disimpan, dan kapan mau dibackup. Untuk menyetting konfigurasi tsb, pertama-tama klik menu Storage di sebelah kiri lalu pilih lokasi penyimpanan backup, bisa di clouds, online server, server lokal atau di folder. Pilih harddisk eksternal atau server online agar data backup anda aman jika terjadi kerusakan pada harddisk komputer anda.

Menu berikutnya adalah Folders, dimana anda harus memilih folder mana aja yang akan dibackup dan folder mana yang tidak perlu dibackup.

Dan menu terakhir di sebelah kiri adalah Schedule, dimana anda harus menkonfigurasi jadwal berlangsungnya proses backup.

Setelah semua setting telah dikonfigurasi, silahkan kembali ke menu Overview, lalu geser tombol automatic backup ke posisi ON, atau klik tombol Back Up Now, selanjutnya anda akan diminta memasukkan password enkripsi, anda bisa memasukkan password atau memilih tanpa password. Setelah itu proses backup akan berlangsung.
File backup tsb akan tersimpan dengan ekstensi tar.gz atau gpg, tergantung pilihan apakah file tsb di enkripsi dengan password atau tidak.

Restore

Untuk merestore kembali file-file anda, buka program Déjà Dup, lalu pada menu Overview klik tombol Restore. Anda akan diberikan menu dropdown dengan pilihan tanggal backup yang telah dibuat. Pilih salah satu tanggal dan lanjutkan dengan klik Forward. Pilih lokasi restore lalu klik Forward lagi. Jika info yang anda berikan sudah benar klik Restore untuk memprosesnya.

Masukkan alamat email pada form dibawah ini untuk menerima update mengenai artikel, tutorial atau tips terbaru dari website ini:

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Google Adsense

openSUSE 13.1

Ads

Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes