Tips Wirausaha IT : Tools & Alat Kerja Wirausahawan IT

Bekerja secara freelance atau melakukan wirausaha dengan core business utama dibidang IT merupakan pekerjaan yang menyenangkan sekaligus menantang.  Sesuai dengan sifat pekerjaannya, ada banyak pekerjaan yang membutuhkan akses internet, umumnya dilakukan secara mobile dan memiliki waktu yang fleksibel. Pekerjaan tidak selalu dilakukan di jam kerja, karena adakalanya justru dilakukan setelah jam kerja.

Excellent merupakan organisasi kecil dengan beberapa staff saja, namun saya berusaha untuk menerapkan tools-tools yang tepat untuk meningkatkan akselerasi dan koordinasi diantara kami.

Berikut adalah beberapa tools yang dipergunakan di Excellent yang kami rasakan banyak membantu proses kerja yang dilakukan :

  1. Laptop, digunakan untuk pekerjaan sehari-hari, mulai dari membuat dokumen kerja (proposal, invoice, kwitansi dan lain-lain) hingga untuk simulasi sistem. Laptop yang dipergunakan merupakan laptop 64 bit dan punya kemampuan Intel-VT/AMD-V untuk keperluan simulasi Virtualization System (salah satu core business di Excellent). Semua laptop diinstall sistem Linux. Sistem Windows dipasang secara virtual untuk keperluan simulasi sistem, kecuali laptop yang sudah memiliki OEM-Preinstalled Windows System.
  2. Mobile Device, Menggunakan Android (Galaxy Tab), lebih difungsikan sebagai Access Point jika sedang mobile, atau jika perusahaan klien memiliki rule yang ketat dalam hal akses internet. Sebagian besar perusahaan klien biasanya memberikan akses guest untuk konsultasi/audit sistem, namun sebagian lain hanya memberikan akses terbatas atas pertimbangan aturan internal perusahaan
  3. Subversion/SVN. Dipergunakan sebagai versioning sistem, terutama untuk share folder secara online untuk data-data Excellent. Misalnya saya membuat dokumen Panduan Training, saya bisa commit hasil kerja saya, kemudian dimodifikasi oleh staff yang lain hingga finish. Kami bisa memiliki versi-versi data sesuai dengan tahapan perubahan yang dilakukan
  4. Smartsheet Project Management. Kami menggunakan Smartsheet dalam bentuk Zimlet (addon) pada Zimbra Mail Server yang kami gunakan. Smartsheet memudahkan saya dalam mengatur project-project dan catatan pekerjaan yang perlu dilakukan. Smartsheet juga memudahkan saya mengontrol perkembangan suatu project karena staff yang berkepentingan dapat langsung melakukan update pekerjaan yang ia lakukan. Integrasi Smartsheet dengan Zimbra menjadi nilai tambah karena saya tidak perlu keluar dari webmail hanya untuk melihat/melakukan update pekerjaan.
  5. Co-Location Server. Selain digunakan sebagai Zimbra VPS Hosting (salah satu layanan yang disediakan oleh Excellent) dan backup server (DRC kecil-kecilan), saya juga menggunakan server di co-location sebagai mesin simulasi untuk layanan aplikasi yang disediakan oleh Excellent, misalnya sebagai demo version dari Zimbra Mail Server, Proxmox VE, Zextras  dan VMWare ESXi. Selain itu, saya juga kerap menggunakan server co-location sebagai media gateway untuk akses SSH ke berbagai server klien
  6. My Family Accounting. Ini adalah software personal accounting yang saya senangi dan sebelumnya saya pergunakan untuk mencatat keuangan keluarga. Harga lisensinya sekitar 300 ribuan. Tampilannya bagus dan intuitif. Saya menggunakan 2 database untuk My Family Accounting, satu untuk keluarga dan satunya untuk PT. Excellent Infotama Kreasindo
  7. PayPal, Internet Banking & Mobile Banking, kesemuanya adalah layanan keuangan yang biasa saya pergunakan untuk menangani pembelian ataupun pembayaran suatu layanan. Untuk mobile banking, saya menggunakan layanan dari BCA dan Bank Mandiri, baik untuk tabungan personal maupun tabungan bisnis atas nama perusahaan. Melalui feature Ibanking dan Mobile Banking, saya bisa langsung melakukan konfirmasi jika ada klien yang memberikan informasi mengenai pembayaran terhadap layanan Excellent

Contoh tampilan Smartsheet Project Management

Demikian beberapa tools dan alat kerja yang saya pergunakan yang saya rasakan manfaatnya dalam mendukung operasional kerja yang saya lakukan.

Masukkan alamat email pada form dibawah ini untuk menerima update mengenai artikel, tutorial atau tips terbaru dari website ini:

Delivered by FeedBurner

2 Responses for “Tips Wirausaha IT : Tools & Alat Kerja Wirausahawan IT”

  1. Sopir Bajaj says:

    pertamax !

    mantab tools2-nya terutama my family accounting :)

  2. Gunawan says:

    mas vavai, mengenai Smartsheet Project Management, itu bisa dilakukan jika sy pakai gmail lalu download aplikasi nya via zimbra desktop? jadi zimlet nya di-install di zimbra desktop? tks.

Leave a Reply

Google Adsense

openSUSE 13.1

Ads

Switch to our mobile site

Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes