Tips Wirausaha IT : Fokus, Kreatif & Variatif

Salah satu keuntungan berwirausaha secara penuh dibanding menjalankannya sebagai usaha sambilan adalah fokus dan akselerasi yang lebih tinggi pada usaha yang sedang dijalani. Ini tidak berarti bahwa wirausaha yang dijalani sambil bekerja menjadi kurang baik, karena sayapun awalnya melakukan hal seperti itu. Apa yang saya maksudkan adalah konsekuensi logis dari keputusan full untuk berwirausaha yaitu harus kreatif dan bersedia bekerja cerdas.

Jika tidak kreatif dan tidak bersedia bekerja cerdas, kemungkinan besar wassalam untuk terus berwirausaha 🙂

Salah satu fokus yang saya maksudkan adalah memilah mana saja fokus usaha yang dijalani. Misalnya salah satu fokus usaha saya adalah training, maka saya harus kreatif mengemas kegiatan training ini sekaligus mencoba membuat variasi dari training yang ada.

Sebagai contoh, salah satu training yang diselenggarakan oleh Excellent adalah training Linux Server Fundamental & Advanced (Migrasi Windows Linux). Training ini membahas Linux Server mulai dari awal instalasi sampai menjadikannya sebagai server rupa-rupa aplikasi. Misalnya sebagai DNS Server, File Server, LDAP Server, Database Server, Web Server dan lain-lain.

Dari sekian banyak materi tersebut, Linux File Server adalah materi yang cukup banyak menyita waktu. Mengapa? Pertama karena File Server biasanya dibutuhkan di perusahaan untuk berbagi file. Kedua, karena File Server dan Domain Controller adalah 2 feature utama dari Windows Server selain Active Directory. Jika fungsi File Server dan Domain Controller Server Windows bisa digantikan oleh Linux, biaya lisensi yang bisa dihemat bisa cukup besar.

Atas pertimbangan itu, akhirnya saya memutuskan untuk membuat 1 kelas training yang khusus membahas mengenai Domain Controller & File Server : Special Class Training: All About Domain Controller & File Server

Pertimbangan utama adalah agar pembahasan materi training bisa dilakukan secara mendalam dan applicable. Hal ini menjadi ciri khas di Excellent, yaitu agar training yang diberikan benar-benar dapat diimplementasikan secara riil di perusahaan masing-masing.

Nantinya training khusus ini akan diperluas ke materi-materi yang lain, terutama untuk materi yang banyak dibutuhkan dan pembahasannya memerlukan waktu yang cukup panjang. Beberapa materi yang sudah disiapkan antara lain kelas khusus untuk pembuatan website & blog, kelas khusus untuk Proxy Server & Bandwidth Management dan lain-lain.

Selain kelas khusus untuk training, saya juga berencana menyiapkan project utama dalam bentuk IT Camp. IT Camp ini nantinya akan mengemas kegiatan training dengan refreshing dan direncanakan akan diadakan di lokasi Taman Bacaan/Pusdiklat yang sedang direncanakan. Peserta training akan disediakan tempat penginapan dengan suasana pedesaan (model homestay) dan disela-sela training ada kegiatan memancing, bercocok tanam ataupun bersantai melepas kepenatan (baca : pijat sehat & bersih, hehehe…)

Lho, kalau rencana bisnis perusahaan diumbar di blog seperti ini apa tidak takut pesaing mengintip dan mendahului apa yang sudah direncanakan? Saya percaya pada kekuatan kualitas dan personal branding. Jika kualitas layanan training yang disediakan perusahaan saya mumpuni dan personal branding serta kedekatan pada komunitas cukup kuat, saya tidak khawatir bersaing secara sehat dalam memberikan layanan training yang berkualitas.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*