Staff IT : Sempatkan Diri untuk Belajar & Meningkatkan Pengetahuan!

Salah satu keluhan utama rekan-rekan yang bekerja sebagai staff IT di perusahaan umumnya berkisar pada sulitnya menyediakan waktu untuk belajar. “Bagaimana mau belajar, baru mau ujicoba saja sudah keburu ada panggilan kesana-kemari”, begitu kira-kira keluhan yang sering saya dengar saat mengajar training di Excellent.

Padahal, staff IT harus selalu mengupgrade pengetahuannya, karena jika tidak, bargaining power yang ia miliki akan semakin terkikis. Jika pengetahuan seorang staff IT relatif statis dan tidak bertambah, perusahaan juga tidak akan terlalu menghargainya. Hal ini sebenarnya sesuatu yang normatif, jika pengetahuan yang dimiliki merupakan pengetahuan pasaran yang mana hampir semua orang bisa melakukannya, lantas mengapa perusahaan harus membayar seorang staff IT dengan gaji yang lebih besar dibandingkan staff yang lain?

Jangan jadikan waktu sebagai argumen atas kesulitan kita meningkatkan pengetahuan. Jika kita tidak menyempatkan diri untuk selalu belajar dan meningkatkan kemampuan, yang rugi adalah diri kita sendiri. Waktu luang tidak akan datang dengan sendirinya jika kita sendiri tidak mencoba untuk mengelolanya. Jangan membiarkan diri kita terlena untuk kemudian menyesali waktu-waktu yang telah berlalu.

Sumber pengetahuan bisa datang dari berbagai sumber. Bisa dari buku, majalah, internet, workshop/training dan lain-lain. Sama halnya sepeda motor untuk seorang tukang ojek, pengetahuan dibidang IT merupakan alasan utama mengapa seorang IT dipekerjakan. Percuma bekerja sebagai staff IT jika komputer/laptop saja tidak punya. Jika ini yang terjadi, sama halnya seseorang yang berprofesi sebagai tentara tempur tapi tidak memiliki senjata sebagai peralatan utama yang wajib ia miliki.

Jika perusahaan tidak memiliki budget untuk meningkatkan pengetahuan, menabunglah sedikit demi sedikit agar suatu waktu kita bisa mengikuti training yang kita inginkan atau membeli buku yang kita perlukan. Jangan mencela perusahaan yang mempekerjakan kita. Jangan juga bersikap masa bodo pada upaya meningkatkan pengetahuan yang kita miliki. Apakah kita mau menghabiskan seluruh sisa hidup kita pada perusahaan yang kurang menghargai kemampuan kita?

Jangan menunggu sampai kita menyesali waktu-waktu yang telah berlalu. Hidup kita milik kita, susah senang, kita juga yang menjalaninya.

Pin It

5 thoughts on “Staff IT : Sempatkan Diri untuk Belajar & Meningkatkan Pengetahuan!

  1. Sejauh ini selain memanfaatkan waktu kosong ketika gak ada kerjaan menyempatkan baca-baca ini itu malam dan pagi hari, tapi itu sekarang. Kepikiran nanti kalau udah married dan punya anak gimana ya bagi waktunya? bagi tipsnya dong mas vai 🙂

  2. Kalau saya masalah nya sedikit berbeda mas,, Saya belajar IT secara otodidak sejak dulu,, karena saya sangat menyukai dunia ini. Nah setelah saya bekerja maka yang jadi masalah adalah, perusahaan tidak terlalu mengakomodir karyawan nya untuk “upgrade” kemampuan.

    Tidak ada dana atau insentif untuk pelatihan dan sebagai nya,, maka nya sekarang saya coba untuk masuk ke Perguruan tinggi untuk belajar formal nya, dan ikut2 pelatihan di waktu luang saya,, tapi masalah nya itu,, sering terbentur dana, karena semua nya murni saya biayai sendiri…

  3. Kalo masalah komputer dan networking… masih terus ngikutin gan….

    tapi kalo soal gadget….. udah ngga kekejar… hahaha…….

    To : Muhammad Panji,
    Tips dari saya yg udah berkeluarga, kalo memang masih kerja (alias blm wirausaha), usahakan kalo waktunya pulang ya harus pulang. jangan tunda-tunda untuk pulang dengan alasan masih nanggung lah, mau belajar di kantor lah dlsb. Jauhi yg kayak begitu.

    Waktunya pulang, kita pulang, sampe di rumah tepat waktu, beri waktu buat Anak Istri untuk bercengkerama, lalu tidur sore. Usahakan maksimal jam 10 sudah tidur.

    Lalu, dengan tidur di sore hari, kemungkinan untuk bangun malam peluangnya cukup besar. Bangun malam, sholat. Udahan sholat, baru deh kita upgrade ilmu kita. Kenapa upgrade ilmu di dini hari ? karena biasanya internet itu ngebut pas jam-jam segitu…. 🙂

    liat-liat video tutorial/howto di youtube ngga buffering walaupun cuma 3g.

    nah abis itu, jangan tidur sampe subuh. begitu subuh, sholat. setelah sholat bangunin anak untuk main dan jalan pagi.

    abis main sama anak, kira2 jam 6… persiapan berangkat deh ke kantor.

    pertanyaannya, kalo di kantor ngantuk gimana ? kan bisa tidur sesaat pas abis makan siang…. 🙂

    intinya, biasakan bijak dalam mengatur waktu dan tertib serta disiplin dalam mentaati aturan waktu yang kita telah tetapkan sendiri. OK ?

    semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*