Membuat Live USB dari berbagai macam distro Linux di LinuxMint/Ubuntu

Mungkin anda sudah pernah pakai Startup Disk Creator, dan juga sudah membaca dan mempraktekkan ulasan saya tentang USB Installer Windows. Kali ini tool yang kurang lebih sama dengan dua tool tadi namun tool ini hanya untuk install distro linux ke flashdisk anda, yaitu LiveUSB Install akan saya ulas di artikel ini.

LiveUSB Install adalah tool untuk membuat Live Linux USB di Linux dan Windows. Sangat mudah digunakan untuk menginstal bermacam distro Linux di flashdisk anda dari file image ISO atau dari CD/DVD, bahkan bisa langsung download dan install file ISO nya dari internet.

LiveUSB Install support bermacam distro Linux seperti Android, Debian, Centos, Fedora, Kubuntu, LinuxMint, OpenSuse, Ubuntu, Xubuntu dan banyak lagi. Anda bisa melihat daftar lengkapnya disini.

Untuk menginstal program ini di LinuxMint, jalankan perintah berikut melalui terminal:

sudo add-apt-repository “deb http://download.learnfree.eu/repository/skss / #SKSS”

wget http://download.learnfree.eu/repository/skss/repo.pub.asc -q -O- | sudo apt-key add -

sudo apt-get update

sudo apt-get install live-usb-install

Setelah terinstal dan dijalankan, jangan lupa colokkan flashdisk biar terdeteksi flashdisknya oleh program ini. Kemudian pilih Mode instalasi yang diinginkan pilihannya yaitu Distribution, Custom syslinux config, WinGrub ISO Chainloader, IMG Write and (Re)Install Syslinux.
Selanjutnya pilih sumber instalasinya, pilihannya ada 3 yaitu dari CD/DVD, ISO Image, dan Internet.

Di bagian Select Linux Distribution, anda bisa memilih nama distro dan versi Linux yang akan anda buat menjadi Live USB.

Anda juga bisa mencentang opsi Autodetect distribution di bagian Install from, supaya program bisa mendeteksi secara otomatis distro apa yang anda masukkan jika anda mengambil sumber dari CD/DVD atau dari ISO Image, jika sumbernya dari Internet maka anda tetap harus memilih nama dan versi distro Linuxnya.

Setelah instalasi distro linux yang anda inginkan selesai dimasukkan ke flashdisk, selanjutnya anda bisa gunakan flashdisk anda untuk menjalankan live session linux yang anda pilih tadi atau menginstalnya ke komputer target.

Sumber: Learnfree

Masukkan alamat email pada form dibawah ini untuk menerima update mengenai artikel, tutorial atau tips terbaru dari website ini:

Delivered by FeedBurner

2 Responses for “Membuat Live USB dari berbagai macam distro Linux di LinuxMint/Ubuntu”

  1. Hendra says:

    Mas Malik,
    tools ini bisa buat 3 distro dalam satu flasdisk ngga??
    jadi dalam satu flashdisk itu ada OpenSuse, Ubuntu, CentOS
    Multiboot gitu…

  2. Alfa Malik says:

    Gak bisa mas, cuma satu distro aja dalam satu flashdisk.

Leave a Reply

Google Adsense

openSUSE 13.1

Ads

Switch to our mobile site

Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes