Amanda: Program Backup untuk Linux, Windows, Unix dan OS X (1)

Rekan pembaca, beberapa tulisan saya kedepan akan sedikit konsen membahas program untuk backup dari Amanda ini, namun jangan khawatir, tulisan atau artikel yang memberikan tips, trik dan info terbaru di dunia opensource pada khususnya dan teknologi pada umumnya masih akan menghiasi tulisan-tulisan saya kok. 😀

Apakah Amanda?
AMANDA adalah singkatan dari Advanced Maryland Automatic Network Disk Archiver, sebuah sistem backup yang membolehkan administrator jaringan LAN untuk membuat satu buah server utama yang membackup banyak komputer sekaligus ke sebuah backup tape atau disk drive berkapasitas besar.

Amanda menggunakan tool-tool native (seperti GNUtar dan dump) untuk membackup dan program ini bisa membackup banyak komputer sekaligus yang menjalankan berbagai macam versi sistem operasi dari produk Unix/Mac OS X/Linux/Windows.

Sejarah
Kode asli program Amanda ditulis oleh James da Silva di Departemen Ilmu Komputer Universitas Maryland, tempat diawalinya pembuatan program ini. Selanjutnya diambil alih oleh Blair Zajac pada versi 2.3.0 yang bertugas mengubah Amanda agar menggunakan sistem GNU Autoconf untuk konfigurasinya.

Setelah itu tim inti pengembang Amanda dibuat, dimana terlihat programmer keluar masuk tim untuk membantu pengembangan proyek ini. Daftar orang yang dianggap sebagai pengembang saat ini (mereka yang mempunyai akses menulis di CVS repository) dapat ditemukan di file AUTHORS di setiap distribusi Amanda.

Setelah maintenance program dihentikan supportnya oleh Departemen Ilmu Komputer, Amanda memindahkan repositori CVS dan website utamanya ke Sourceforge, sampai saat ini. Milisnya juga meninggalkan domain cs.umd.edu serta lepas dari departemen, dan berpindah ke amanda.org domain gratis pemberian dari Omniscient Technologies sejak January 1998.

Selengkapnya bisa dilihat di www.amanda.org

Untuk tulisan selanjutnya mengenai Amanda Backup akan saya sampaikan pada tutorial berikutnya. Stay Tune! 🙂

Pin It

2 thoughts on “Amanda: Program Backup untuk Linux, Windows, Unix dan OS X (1)

  1. Pingback: Amanda: Program Backup untuk Linux, Windows, Unix dan OS X (2) | Migrasi Windows Linux

  2. Pingback: Amanda: Program Backup untuk Linux, Windows, Unix dan OS X (3) | Migrasi Windows Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*