Membuat USB Installer Windows 7/Vista dari ISO Image atau DVD di Ubuntu

WinUSB adalah tool sederhana untuk untuk membuat Windows USB installer di Linux Ubuntu dari CD/DVD Windows atau file image ISO Windows tsb. Tool ini mendukung Win 7, Vista untuk semua versi dan semua bahasa dan juga Windows PE.


Anda bisa menginstall WinUSB di Ubuntu 11.10 , 11.04, 10.10 and 10.04 lewat PPA dengan menjalankan perintah berikut di terminal.

    sudo add-apt-repository ppa:colingille/freshlight

    sudo apt-get update

    sudo apt-get install winusb

Anda bisa juga mendownload paket .deb untuk WinUSB dari link download yang berada di akhir artikel ini. Kemudian, silakan diinstal menggunakan Ubuntu Software Center.

Setelah diinstal dan dijalankan, silakan pilih sumber pembuatan USB installer tsb dari file ISO image-nya Windows atau dari drive DVD yang sudah dipasangi DVD Windows, jangan lupa pasang flashdisk yang akan dijadikan installer di colokan USB sebelum menjalankan tool ini, agar flashdisk tsb terdeteksi oleh program ini pada bagian target.
Kemudian pilih flashdisk/USB device yang akan menjadi target pada bagian Target device, lalu klik tombol Install untuk memulai pembuatan USB Installer.

Coba klik menu File –> Show all drives untuk melihat USB drive anda jika flashdisk anda tidak muncul di bagian Target Device.

Paket WinUSB berisi dua program yaitu WinUSB-GUI dan WinUSB. WinUSB-GUI adalah antarmuka grafis seperti yang sudah dipraktekkan diatas. Anda juga bisa menggunakan WinUSB via terminal, ketikkan perintah winusb di terminal, jika ingin membuat USB Installer dari terminal.

Jika ingin memformat habis isi flashdisk dan menginstall file ISO dari terminal, jalankan perintah di terminal dengan format sbb:

sudo winusb –format <iso path> <device>

Jika ingin menginstal Windows 7/Vista di flashdisk yang sudah dipartisi NTFS sekaligus mengedit MBR-nya, jalankan perintah di terminal dengan format sbb:

sudo winusb –install <iso path> <partition>

Aplikasi ini juga bisa diinstall dan dijalankan di LinuxMint, Blankon, Sabily, dan distro turunan Ubuntu lainnya.

Download WinUSB

Sumber: ShuffleOS

Pin It

One thought on “Membuat USB Installer Windows 7/Vista dari ISO Image atau DVD di Ubuntu

  1. Pingback: Membuat Live USB dari berbagai macam distro Linux di LinuxMint | Migrasi Windows Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>