Info Buku : Membangun Mail Server Tangguh dengan Zimbra

Salah satu alumnni training PT. Excellent Infotama Kreasindo, mas Athailah M Jamil mengirimkan informasi rilis buku keduanya mengenai Zimbra Mail Server. Berikut adalah ulasan yang ia sampaikan, semoga bermanfaat :

Zimbra Collaboration Suite saat ini sudah tidak diragukan lagi ketangguhan serta kemudahannya dalam menangani layanan email, calendaring, task, dan kolaborasi. Zimbra bisa digunakan tanpa perlu membeli lisensi (versi Open Source Edition). Versi Open Source ini  tentu saja tidak memiliki support dari Zimbra namun  anda tidak perlu khawatir karena rekan-rekan pengguna mail server berbasis Zimbra yang bergabung didalam komunitas Zimbra Indonesia siap membantu anda.

Untuk memperkenalkan Zimbra versi free/open source inilah buku “Panduan membangun mail server tangguh dengan Zimbra sampai tuntas” ini ditulis, yang bertujuan untuk memberikan Anda informasi bagaimana cara melakukan persiapan, memasang (install), serta melakukan administrasi sederhana terhadap Zimbra server.

Dengan membaca buku ini Anda akan diarahkan bagaimana melakukan persiapan sebelum menginstall Zimbra, seperti mempersiapkan Distro Linux yang akan menjadi host Zimbra, melakukan settingan jaringan, hostname, resolve, dan domain name servis (DNS). Setelah itu akan dilanjutkan dengan langkah-langkah menginstall Zimbra pada host yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Untuk melengkapi Zimbra sever yang telah Anda buat, dalam buku ini juga juga kami jelaskan bagaimana melakukan konfigurasi aplikasi email client untuk dapat terhubung ke Zimbra Server dalam menarik, dan mengirim email dengan menggunakan protokol POP3 dan IMAP. Adapun email client yang dibahas adalah: Microsoft Outlook, Thunderbird, Evolution, Outlook for Mac, dan Apple Mail.

Untuk melengkapi pengetahuan tentang Zimbra Anda, pada bagian akhir buku juga kami bahas sedikit bagaimana cara mengamankan Zimbra Server Anda terhadap kehilangan data dengan melakukan backup dan restore. Baik itu secara manual, maupun otomatis dengan bantuan teknologi virtualisasi.

Mudah-mudahan buku ini dapat melengkapi dahaga Anda tentang pengetahuan kolaboration server khususnya Zimbra.

Data buku

Ukuran: 14 x 21
Tebal: > 150 halaman
Penerbit: Skripta
ISBN: 9786029025293

Pemesanan online dapat dilakukan pada toko buku Gramedia online atau di toko buku di kota anda.

Pin It

8 thoughts on “Info Buku : Membangun Mail Server Tangguh dengan Zimbra

  1. Sebelumnya terima kasih mas vavai atas informasinya, karena selama ini saya cari literatur yang tepat buat membangun mail server belum menemukan yang handal, mungkin ini bisa lebih membantu. maaf karena saya juga newbie banget dg linux, bisa dibilang asing banget dg linux. krn uda terbiasa dg jendela.
    Apakah ada jaminan dg buku tersebut seorang yg baru tau ttg linux bisa membuat mailserver di linux seperti saya, terima kasih

  2. @Ardi, buku manapun tidak bisa menjamin 100% persen orang bisa membuat apa yang dijelaskan di buku tersebut. Ada banyak faktor yang membuat demikian.

    Namun, dengan bantuan buku tersebut setidaknya pembaca punya gambaran, dan dapat menggalih informasi lebih dalam tentang masalah yang dihadapi, khususnya di blog Mas Vavai yang luar biasa ini.

    So, mungkin buku yang saya tulis itu juga belum bisa menampung semua fitur-fitur Zimbra yang ada, karena keterbatasan halaman yang dijatahkan penerbit. Lagi pula banyak penerbit di negara yang tercinta ini enggan menerbitkan buku-buku dengan halaman tebal dengan alasan bisnis.

  3. Pingback: Info Buku : Panduan Membuat Mail Server dengan Zimbra | Migrasi Windows Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*