Tips OpenOffice/LibreOffice : Jumlah Halaman/Custom Page Count

Sejak 2005 sampai saat ini saya lebih banyak menggunakan OpenOffice/LibreOffice dibandingkan Microsoft Office. Sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam proses pekerjaan yang saya lakukan. Mungkin karena saya tidak terlalu neko-neko dalam membuat dokumen yang saya perlukan. Dokumen yang saya buat berkisar pada dokumen proposal, presentasi, tabel-tabel rencana kegiatan, invoice dan pembuatan buku/modul panduan training.

Ada salah satu feature OpenOffice/LibreOffice yang sempat membuat saya pusing, yaitu mengenai format penomoran halaman. Saya terbiasa membuat nomor halaman dengan tulisan : Halaman X dari Y Halaman, misalnya Halaman 1 dari 52 Halaman. Selama ini tidak ada masalah dengan tulisan seperti ini, karena saya melakukannya dengan cara :

  1. Pilih menu Insert | Footer | Default
  2. Letakkan kursor pada posisi yang diinginkan
  3. Ketik : “Halaman “
  4. Pilih menu Insert | Fields | Page Number
  5. Ketik ” Dari “
  6. Pilih menu Insert | Fields | Page Counts
  7. Ketik ” Halaman”

Selesai. Masalah baru muncul jika saya memiliki format halaman berbeda pada bagian awal atau akhir, misalnya di bagian awal ada halaman berisi “Kata Pengantar” dan “Daftar Isi” dengan format penomoran halaman berupa i dan ii. Jika ini yang dilakukan, halaman akhir akan bertuliskan “Halaman 52 dari 54 Halaman”. Hal ini terjadi karena halaman Kata Pengantar dan Daftar Isi dianggap sebagai 2 halaman tambahan.

Setelah bolak-balik mengecek bagaimana cara mengatasinya, ternyata solusinya mudah sekali. Di bagian akhir halaman, klik pada bagian Footer, tepatnya pada tulisan “Halaman 52 dari … Halaman”. Di bagian yang diberi tanda titik-titik, tekan tombol F2, kemudian ketik formula sederhana sebagai berikut : =page-2. Setelah itu pilih tanda centang/checklist, otomatis tulisannya akan berubah sesuai keinginan (Halaman 52 dari 52 Halaman, bukan Halaman 52 dari 54 Halaman)

Semoga bermanfaat jika ada rekan-rekan yang mengalami kendala yang sama.

ADVERTORIAL : Pada tahun 2012, Excellent memiliki layanan workshop & training OpenOffice/LibreOffice. Jika merasa tertarik, silakan gunakan Halaman Kontak untuk menghubungi team Excellent.

 

Pin It

2 thoughts on “Tips OpenOffice/LibreOffice : Jumlah Halaman/Custom Page Count

  1. Nice tips pak. Wow training Excellent sudah meluas ke openoffice. saya baru mau buat video-video tutorial seputar linux dan open source. rencananya udah dari dulu-dulu tapi belum buat-buat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*