qshutdown: Pengatur Waktu Shutdown/Reboot/Suspend/Hibernate di Ubuntu

qshutdown adalah program Qt yang bisa menjadwalkan shutdown, reboot, suspend dan bahkan hibernate secara otomatis pada komputer Ubuntu anda di waktu yg sudah anda tentukan maupun setiap beberapa menit.

qshutdown memiliki tampilan GUI yang sangat mudah dan komputer Ubuntu anda dapat di shutdown, reboot, suspend dan hibernate secara otomatis menggunakan program ini. Tool ini sangat cocok untuk orang yg menginginkan komputernya jalan pada waktu yg sudah ditentukan.

Untuk menginstall qshutdown di Ubuntu 11.10 , 11.04 , 10.10 and 10.04 , ketikkan perintah ini di terminal:

    sudo add-apt-repository ppa:hakaishi/qshutdown

    sudo apt-get update

    sudo apt-get install qshutdown

Setelah diinstal, anda bisa menjalankannya dari Unity Dash di Ubuntu 11.10 and 11.04. Di Ubuntu 10.10 and 10.04, anda bisa menjalankannya dengan melalui menu Applications –> Accessories –> qshutdown.

Di program ini, anda punya pilihan memilih beberapa action seperti Shutdown, Reboot, Suspend dan Hibernate. Setelah dipilih salah satu action tsb, silakan pilih waktu yang diinginkan untuk mengeksekusinya, pada jam tertentu atau setelah beberapa menit.

Anda juga bisa mengklik tombol Calendar untuk menentukan jadwal pada tanggal/jam yg diinginkan. Anda juga bisa mencentang opsi untuk mengunci applikasi ini setelah dijalankan dan memberikan pemberitahuan ketika timer mencapai waktu yang ditentukan. Setelah semua opsi di set, klik OK dan anda bisa melihat timer mulai menghitung mundur di window program tsb.

Setelah dijalankan, program ini akan menampilkan timer sampai permintaan eksekusi dikirim ke GNOME atau KDE session-manager, HAL atau ke DeviceKit, dan jika perintah tsb tidak bekerja, maka perintah “sudo shutdown -P now” akan digunakan.

Anda dapat mengkonfigur setting program ini dengan cara klik Settings –> Configure. Pada menu Preferences, anda dapat mengkonfigur program ini untuk jalan otomatis, memilih tipe shutdown, dan menonaktifkan fitur sembunyi dan pemberitahu, menyalakan timer pada saat komputer dinyalakan, merubah font, menjalankan timer, kunci setelah start, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menggunakan shortcut lewat keyboard untuk menjalankan qshutdown.

Anda dapat mengakses program ini dari indikator di panel atas Ubuntu. Dari situ anda dapat mengakses seluruh menu dan fitur yg sudah dijabarkan tadi, logfile, dan halaman infonya. Bahkan kita bisa mereset dan restore qshutdown.

Jika fungsi-fungsi yg sudah diterangkan diatas gagal bekerja, anda dapat mencoba metode alternatif yg terdapat pada halaman info mereka. Silakan buka halaman info dari indikator atau klik Help –> Info pada window programnya.

Anda bisa mengunjungi laman launchpad mereka dengan mengklik link ini

Sumber: ShuffleOS

Pin It

2 thoughts on “qshutdown: Pengatur Waktu Shutdown/Reboot/Suspend/Hibernate di Ubuntu

  1. Pingback: Shutdown GTimer: Pewaktu Shutdown di Gnome Desktop | Migrasi Windows Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*