Tips Cara Mudah Membuat Cron Jobs : Crontab Generator

Salah satu fasilitas penting di server Linux adalah cron, yang karena fungsinya biasanya dikenal dengan nama crontab atau cron jobs. Cron adalah suatu paket scheduler yang berfungsi menjalankan suatu perintah pada suatu waktu tertentu.

Cron biasa digunakan untuk menjalankan perintah-perintah Linux pada waktu tertentu dan sesuai interval tertentu. Misalnya kita ingin melakukan backup sistem setiap jam 12 malam setiap harinya, kita dapat melakukan setting Cron untuk keperluan ini.

Bagi para pengguna Windows, Cron bisa diasosiasikan dengan Scheduled Task namun Cron memiliki lebih banyak keunggulan karena lebih fleksibel.

Cron is the name of program that enables unix users to execute commands or scripts (groups of commands) automatically at a specified time/date. It is normally used for sys admin commands, like makewhatis, which builds a search database for the man -k command, or for running a backup script, but can be used for anything. A common use for it today is connecting to the internet and downloading your email.

Cron mampu menjalankan baris-baris perintah Linux atau bisa juga sekumpulan set perintah yang dikemas kedalam sebuah bash script.

Cron biasanya diset dengan perintah : crontab -e kemudian diisi sesuai dengan format cron dalam formasi menit, jam, hari dan bulan.

Misalnya :

1    0    *    *    *    /opt/backup.sh"

Berarti server akan menjalankan script /opt/backup.sh setiap menit pertama pada jam 12 malam.

Bagi yang belum terbiasa, ada cara lain yang lebih mudah untuk mengisinya, ada cara lain yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan Crontab Generator.

Salah satu Crontab Generator yang menjadi favorit saya bisa diakses disini. Cara mengisinya sangat mudah, kita tinggal memasukkan perintah yang ingin dijalankan kemudian menentukan waktu yang diinginkan. Lihat contoh screenshot dibawah ini :

Pada contoh diatas, saya menjalankan perintah backup & sinkronisasi Zimbra Mail Server (su – zimbra -c “/opt/zimbra/libexec/zmztozmig”) setiap jam 12 malam, tepatnya pada menit pertama jam 12 malam.

Bagaimana jika kita ingin menjalankan beberapa perintah pada saat yang bersamaan, misalnya sebelum melakukan backup akan mengisi logs dan sesudah melakukan backup kembali mengisi logs sekaligus mengirimkan email ke alamat yang kita inginkan? Jika demikian, buat dan gabungkan saja perintah yang diinginkan kedalam 1 file script, set agar bisa dieksekusi (chmod +x namascript) dan jadikan script tersebut sebagai perintah yang dijalankan oleh Cron.

Semoga bermanfaat.

Pin It

8 thoughts on “Tips Cara Mudah Membuat Cron Jobs : Crontab Generator

  1. tanya gan,
    kalo di shell acc (freebsd) saya biasa pakai perintah awal “daemon”, dan task tetep running meski saya logout dr shell server.
    pertanyaanya: kalo di vps linux gmn ya? pakai metode cron job bs nggak?

  2. @Kimi,

    Beda peruntukan mas. Perintah yang setara dengan daemon, di Linux dikenal dengan nama “screen”

    Ketik screen kemudian enter (untuk menghilangkan pesan about) kemudian ketik perintahnya, maka perintahnya akan berjalan dalam modus “background process”

  3. Mungkin kelemahan task scheduler adalah aplikasi ini harus selalu dibuka. Saat ingin running program yang akan dieksekusi.
    Saya sudah coba dan berhasil, namun tidak jalan saat aplikasi task schedulernya ditutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*