Nama Server yang Unik Tergantung System Administratornya?

Kemarin, saat memberikan inhouse training di salah satu klien sebuah perusahaan swasta di daerah Penjernihan-Pejompongan Jakarta saya memberikan contoh cara perjalanan email, rute dan proses email serta valid atau tidaknya suatu email. Saat melihat contoh yang ada, salah satu peserta secara spontan berkata, “Wah hebat mas, namanya keren, mailgw.domain.tld. Mail Gue, mantabs”.

Hahaha, saya jadi tertawa. Mengapa? Karena mailgw itu bukan singkatan dari mail gue (gw) melainkan singkatan dari nama mail gateway. :-P

Setelah dipikir-pikir, saat melakukan implementasi saya kerap menemukan beberapa SysAdmin memiliki kebiasaan tersendiri dalam menamakan server-server yang ia kelola. Beberapa tipikal tersebut diantaranya :

  1. SysAdmin Demikian Adanya. Biasanya ia menamakan server dengan nama begitu-begitu saja seperti halnya hidup dia yang berjalan demikian adanya :-P . Server dia beri nama server1, server2, server3 dan seterusnya. Kalaupun memberikan variasi, namanya berubah menjadi server01, server02, server03 dan seterusnya alias cuma menambahkan angka 0 dimasing-masing nama, hehehe.. Kelemahan SysAdmin seperti ini adalah ia sering lupa nama server sendiri. Kalaupun ingat nama server, ia lupa fungsi dari si server saking banyaknya angka yang harus ia ingat. Untuk tahu fungsi server, bisa jadi ia mesti remote akses dan check aplikasi didalamnya :-D
  2. SysAdmin Fungsional. SysAdmin tipe ini akan menamakan servernya sesuai dengan fungsi masing-masing. Misalnya mail server diberi nama : mail. Database server diberi nama : db. Active Directory ia beri nama : ad.
  3. SysAdmin Nasionalis. Ia menamakan servernya dengan nama-nama pulau atau kebudayaan di Indonesia. Untuk nama pulau biasanya menggunakan nama pulau-pulau kecil dan terpencil. Server yang populer dan termasuk dalam 7 keajaiban (dibikin-bikin) di dunia bisa saja diberi nama : komodo.namadomain.tld, untuk nama server yang sering kena hack diberinama : sipadanligitan.namadomain.tld sedangkan nama server yang jadi front-end/firewall diberi nama dengan nama pulau di perbatasan Indonesia seperti Marore (gak tahu kan ini pulau Indonesia ada dimana?? :-D ), Nunukan.namadomain.tld dan lain-lain.
  4. SysAdmin Pencinta Film. Biasanya memberi nama server dengan nama bintang film atau tokoh tertentu, misalnya diambil dari tokoh di film Star Wars, Film Superman (kryptonite.namadomain.tld), Batman (Batman, Robin, kelelawar, kalong, codot dan lain-lain, hahaha…). Yang sial adalah jika SysAdminnya kuper dan pencinta sinetron, bisa jadi namanya akan mirip-mirip : tersanjung1 s/d 10, server-yang-ditukar, bukan-server-ktp dan lain-lain :-P
  5. SysAdmin Pencinta Geografi. Biasanya memberi nama server sesuai lokasi. Misalnya servernya diberi nama zimbra-jkt.namadomain.tld atau sby-exch-svr.namadomain.tld. Bisa juga nama unik seperti bandung-lautan-api.namadomain.tld yang diperuntukkan sebagai nama firewall server (Firewall –> Tembok Api :-D )

Jika kamu menjadi SysAdmin alias System Administrator, bagaimana kebiasaan kamu menamai server yang dikelola? Apakah termasuk SysAdmin biasa-biasa saja alias demikian adanya atau punya standar formasi lain?

Pin It

16 thoughts on “Nama Server yang Unik Tergantung System Administratornya?

  1. bahkan ada sysadmin percaya takhayul: kalau router PC nya sering rusak kena sambar petir, akhirnya diganti namanya: ki-ageng-selo.itb.ac.id, atau slamet.itb.ac.id. Katanya sejak diganti namanya jadi itu, gak kena samber lagi :)

  2. @Haris,

    Kalo Yeyen saya kenal saat dia mbopong server BlankOn ke Gedung Cyber :-D

    Kalau Marya juga pernah kenalan. Untung belum ada yang pakai nama vivian.blankonlinux.or.id karena saya sudah set nama tersebut buat mirror server vavai.com :-D

    @Affan,
    Hahaha, kalau ki ageng gagal mesti ganti nama jadi kiai mas, apalagi kalau servernya berwarna bule :-D

  3. Kalo ane suka nama senjata trandisional.
    Badik, rencong, keris, siwah, cuntrik, klewang, kerambit, clurit, dsb… :d

    kalo buat firewall biasa pake Tameng, tabeng, dll.

  4. Dulu pas masih jadi sysadmin bikin tema-tema tertentu mas. binatang (kambing, kebo), rasi bintang (gryphon, andromeda, nebula), kalo lagi patah hati ya daftar nama gebetan :D

  5. waah kalau saya suka kasih nama2 gunung di Indo dan kepikiran buat kasih nama server dengan nama calon anak pertama :)

  6. Jadi inget nama2 komputer di Pusilkom UI zaman tahun 90-an dulu variatif tergantung siapa admin-nya:
    barisan server dan workstation sun+sunos pakai nama tokoh film si unyil: ogah, unyil, ucrit, usro, melani, …
    barisan HP+HP-UX pakai nama pulau: jawa, sumatra, lombok, …
    barisan IBM+AIX pakai nama gunung: merapi, merbabu …
    barisan DEC+Ultrix/VMS pakai nama tokoh ramayana: rama, sinta, anoman, anggada, anila, …
    barisan server PC+Netware pakai nama superhero: batman, robin, …
    barisan server PC+Linux di depok pakai nama pohon: meranti, jati, suren, … , sedang yang di salemba pakai nama wayang: arjuna, …

    Ada juga yang namanya fungsional seperti: indogtw, uidcs, uicsgtw, …

    Tentang ganti nama, komputer Merapi waktu itu sering bermasalah, akhirnya diganti namanya jadi slamet.

  7. hahah. tergantung selera rupanya mas, saya pikir ada rule yang baku. kalo saya biasanya ambil tokoh wayang mas. seperti arjuna, bima tapi kadang nama sayuran juga masuk caberawit (biasanya pc tua jadul), tomatmatang (pc yang casingnya chubby)

  8. Mas, Vai, saya penasaran waktu ngeliat orang melakukan presentasi dengan linux. Tampilan di layar laptopnya berbeda dengan yang ada di layar LCD proyektor. Jendelanya seperti diseret ke layar LCD proyektor. itu pake software apa ya mas?

  9. hahaha. saya seringkali menamainya dengan istilah dari buku LOTR. misal, salah satu server dikantor saya namai feanor, nama tokoh elf di buku tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>