Solved : Pesan “CD/DVD Rom Not Found” Pada Saat Installasi Proxmox

3 hari yang lalu tepatnya hari Rabu 26 Oktober 2011, team Excellent melakukan training teknologi virtualisasi server  di sebuah klien instansi pemerintah di daerah  Ciputat Tangerang Selatan.

Proses training teknologi virtualisasi menggunakan VMWare  dan Proxmox. Pada saat proses Installasi VMWare ESXi 5.0  pada mesin sunfire x2200 dilakukan, ternyata server SUN tersebut tidak support untuk Virtualization Technologi. Agar dapat menjalankan virtualisasi baik para maupun full virtualization secara penuh,  akhirnya mesin server tersebut diganti dengan mesinserver yang lain yang sudah support INTEL-VT atau AMD-V.

Installasi VMWare ESXi  dapat dilakukan dengan lancar. Sambil menunggu proses instalasi selesai , team Excellent menjelaskan Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Virtualisasi. Installasi VMWare selesai dan kemudian dilanjutkan dengan bagaimana memasukan free lisensi VMWare ESXi dan penggunaan Virtualisasi Mengunakan Vmware.

Setelah proses implementasi virtualisasi menggunakan VMWare selesai, implementasi tersebut pun dilanjutkan dengan simulasi virtualisasi menggunakan Proxmox VE 1.9.

Ternyata instalasi Proxmox tidak dapat dilakukan karena berhenti sebelum masuk ke tampilan GUI. Pesan error yang muncul adalah bahwa CD/DVD ROM not found.

Setelah melakukan pengecekan menggunakan perintah dmesg, ternyata CD/DVD ROM  tersebut terdeteksi dengan baik sebagai /dev/sr0. Untuk mengatasi hal ini, proxmox di mount ulang ke folder /mnt dan installasi menggunakan chroot dengan perintah sebagai berikut :

# mount -t iso9660 /dev/sr0 /mnt
 
# cd /mnt
 
# chroot /mnt sbin/unconfigured.sh

Setelah hal diatas dilakukan akhirnya proses Intallasi Proxmox kembali berjalan lancar seperti biasa. Installasi Proxmox selesai dan dilanjutkan dengan bagaimana cara menggunakan proxmox, mulai dari Bagaimana Cara Membuat VM menggunakan Minimal Server Apliance pada proxmox, Instalasi menggunakan media iso untuk Installasi VM pada Proxmox , Menggunakan Template vm OpenVZ , menambahkan hardisk / SAN pada proxmox, Bagaimana Cara Backup Image VM Proxmox dan Restore Image VM pada Proxmox .

Training berjalan secara dinamis karena para peserta dari team SIM/IT instansi pemerintah klien Excellent tersebut  banyak yang melontarkan pertanyaan seputar perbedaan antara VMWare dan Proxmox beserta teknologi yang dibawa oleh masing – masing sistem.

Sebagai salah satu staff Excellent, ini pengalaman inhouse training virtualisasi yang cukup bermanfaat bagi saya dalam memahami klien dan bagaimana cara beradaptasi jika ternyata ada beberapa hal yang terjadi diluar perkiraan sebelumnya.

Pin It

One thought on “Solved : Pesan “CD/DVD Rom Not Found” Pada Saat Installasi Proxmox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*