Tips Wirausaha : Jangan Menghabiskan Usia dengan Menyesali Apa yang Gagal Dikerjakan

Jika ada yang bertanya pada saya mengenai apa yang menjadi alasan utama saya mengundurkan diri dari kantor dan berwirausaha, jawaban utama saya adalah agar saya “jangan sampai menyesali apa yang belum saya kerjakan” hingga berakhirnya masa saya di dunia.

Maksudnya bagaimana? Maksudnya adalah, saya tidak ingin menyesal gagal melakukan sesuatu yang saya inginkan hanya karena saya takut mencoba.

Dulu saya pernah mencoba merokok, untuk tahu bagaimana sih rasanya rokok. Masya iya selama seumur hidup nggak pernah mencoba merokok 🙂 . Ternyata nggak ada yang istimewa, malah bikin mulut sepet dan lebih enak ngemut permen. Setelah 1 bulan merokok, saya berhenti hingga sekarang tanpa ada penyesalan. (Note : Jangan ambil contoh ini sebagai sample. Ini pengalaman yang buruk untuk dicontoh 😉 )

Meski senang mencoba, bukan berarti saya menghalalkan segala cara untuk dicoba. Sesuatu yang sudah jelas-jelas merusak seperti narkoba tentu tidak ingin saya coba dan saya tidak perlu menyesal karenanya. Kita memang harus berani mencoba, tentu dalam batasan bahwa apa yang dicoba merupakan sebuah hal yang positif.

Banyak teman-teman wirausahawan yang bilang, kalau mau mencoba berwirausaha dan berbisnis tidak usah takut, tidak usah cemas dan tidak perlu hitung-hitungan, nanti nggak jalan-jalan. Bagi saya yang terbiasa berpikiran konservatif di pekerjaan (pekerjaan sysadmin, bersikap konservatif : tidak akan melakukan upgrade jika belum melakukan backup 😛 ), pola pikir semacam ini beresiko. Mungkin saja berjalan dengan baik pada seseorang namun gagal diterapkan pada orang lain.

Jauh lebih aman jika kita tetap bersikap preventif dalam arti mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya sebelum mengambil keputusan yang bisa berdampak besar, bukan hanya pada diri kita melainkan juga berdampak pada keluarga yang kita sayangi.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*