Melihat Keindahan Langit Melalui Stellarium

Bintang kecil, di langit yang biru
amat banyak, menghias angkasa
Aku ingin terbang dan menari
jauh tinggi ke tempat kau berada.

Hehehehhe nyanyi sedikit ah, itulah sekelumit syair lagu bintang kecil yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita yang menggambarkan keindahan bintang yang menghiasi angkasa pada malam hari.

Dulu jika kita ingin melihat ribuan bintang yang gemerlap di angkasa harus menunggu malam datang, belum lagi harus bergantung pada cuaca jika cuaca mendung otomatis bintang – bintang yang indah itu tidak terlihat.

Cara lain untuk melihat bintang dan objek langit lainnya dengan cara pergi ke planetarium atau observatorium, namun itu hanya ada di beberapa kota – kota besar di indonesia. Jadi jika dikota atau daerahnya tidak ada observatorium sangat sulit untuk mengamati bintang dan objek langit lainnya.

Semakin berkembangnya jaman saat ini sudah tersedia suatu aplikasi yang berguna untuk melihat keadaan langit secara utuh dan realistis yang bisa kita lihat melalui komputer atau laptop yang kita miliki, jadi kita tidak perlu repot – repot lagi untuk datang ke observatorium. Nah nama aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk melihat keadaan langit adalah stellarium.

Stellarium adalah sebuah Planetarium (wahana simulasi langit) open source gratis untuk komputer anda. Software ini dapat memperlihatkan langit secara realistik dalam bentuk 3D, seperti layaknya ketika anda melihatnya dengan mata telanjang, binocular atau dengan sebuah teleskop.

Stellarium sendiri dikembangkan oleh programmer Prancis bernama Fabien Chereau. Dia meluncurkan projek ini pada musim panas 2001. Stellarium ini dikembangkan di bawah lisensi GNU General Public License. Hal ini membuat perangkat lunak ini memiliki kode sumber (source code) yang terbuka.

(open source) dan bebas (free) digunakan oleh siapa pun untuk berbagai tujuan. Tidak hanya untuk pengguna Linux, perangkat lunak ini juga bisa dijalankan di Windows dan Mac OS.

Pada Mei 2006, projek ini dinyatakan sebagai Project of The Month (Proyek Bulan Ini) oleh SourceForge, sebuah situs pengembang perangkat lunak Free and Open Source Software (FOSS). Pada tahun yang sama juga, Stellarium meraih penghargaan untuk kategori pendidikan dalam kompetisi aplikasi bebas (free software) bertajuk Les Trophees du Libre.

Software atau aplikasi stellarium ini bisa di download di http://www.stellarium.org .

 

“Selamat Melihat Keindahan Langit Melalui Stellarium”

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*