Reset Password Root pada Distro Linux openSUSE/SUSE Linux Enterprise Server (SLES)

Beberapa hari yang lalu Budi Sumawijaya, IT Development & Support pada Excellent Infotama Kreasindo menuliskan tutorial bagaimana cara melakukan reset password pada distro Linux Debian. Perintah tersebut sebenarnya bisa dijalankan pada sistem Ubuntu atau turunannya seperti BlankOn atau LinuxMint. Cara yang sama juga bisa diterapkan pada distro Linux openSUSE/SUSE Linux Enterprise Server (SLES). Berikut adalah caranya :

  1. Boot komputer
  2. Pada saat booting dan ada pilihan grub menu (lihat ilustrasi dibawah ini), ketikkan init=/bin/bash pada bagian parameter booting kernel (Boot Options)
    `
  3. Setelah masuk ke terminal/konsole, ketikkan perintah : passwd kemudian ketikkan password root yang diinginkan. Setelah selesai, ketikkan perintah : reboot untuk melakukan restart sistem
    `

Mungkin ada yang berkomentar : “Lho kalau begitu gampang banget dong mengubah password root/Administrator Linux?”. Ya iya mudah kalau kita punya akses secara fisik ke depan mesin yang dituju, karena perintah diatas harus diketikkan langsung di sistem tidak bisa via remote akses SSH. Kalau seseorang punya akses secara fisik, tentu ia bisa secara leluasa melakukan pengubahan.

Jika ingin mengamankan proses booting diatas, kita bisa menggunakan password pada grub, namun tentu saja jangan sampai malah lupa password grubnya, hehehe…

Pin It

3 thoughts on “Reset Password Root pada Distro Linux openSUSE/SUSE Linux Enterprise Server (SLES)

  1. ya tinggal boot pakai Linux Rescue CD, lalu / file system di re-mount dari situ, lalu nullified shadow passwordnya.

    Yg rada tricky kalo pakai Linux Rescue CD itu kalo misalkan file systems “/” tidak disupport sama Rescue CD atau pakai LVM jenis (lebih) baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*