Membangun website sekolah secara cepat dan mudah menggunakan CMS Balitbang

CMS Sekolah dari Balitbang adalah salah satu CMS yang khusus diperuntukkan bagi sekolah-sekolah untuk membangun website mereka secara cepat dan mudah. CMS tersebut sudah lama dikeluarkan, yaitu sejak tahun 2008 lalu, oleh Balitbang Departeman Pendidikan. Sampai saat ini versi terbarunya adalah versi 3.5. CMS tersebut tidak mempunyai nama khusus, seperti CMS pada umumnya, seperti Joomla, WordPress, Mambo, Drupal, dll, namun orang banyak menyebutnya dengan CMS Balitbang, karena CMS ini dikeluarkan oleh Balitbang jadi orang banyak menyebutnya CMS Balitbang.

CMS ini dibangun dengan melibatkan para pakar IT, kepala sekolah, guru-guru dan pemerhati pendidikan di Indonesia. CMS ini sama seperti CMS pada umumnya, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, Javascript, dan database MySQL. Keunggulan yang ditawarkan CMS ini antara lain : adanya fasilitas pendaftaran member bagi orang tua siswa, siswa, guru, bahkan alumni. Ada pula fasilitas update data member, dan interaksi member dengan Kepala Sekolah, guru, orang tua, siswa dan alumni serta halaman admin yang sangat mudah sekali bagi para pemula. Bagi sekolah yang menggunakannya, CMS ini dapat difungsikan sebagai media publikasi sekolah, media pembelajaran, e-learning, dan lain sebagainya.

$1.99 Domains* at GoDaddy.com

Fasilitas yang disediakan antara lain : berita sekolah, profil sekolah, data-data tentang guru, siswa, direktori alumni, member area, buku tamu, kontak kami, agenda, artikel, buku tamu, daftar link, pengumuman, galeri foto, dan yang tidak dilupakan publikasi bahan ajar, materi, silabus, dan kelengkapannya. CMS Sekolah dari Balitbang ini dapat diperoleh sekolah-sekolah yang ingin memanfaatkannya dengan gratis. Untuk mendapatkan versi terbarunya dapat didownload di http://www.kajianwebsite.org/.

Setelah didownload dapat diinstall langsung di web hosting berbayar atau gratis di Internet (online), ataupun dapat diuji coba lewat server local (offline) dengan memanfaatkan software tambahan XAMP, WAMP atau PHPThriad.

Saran saya sebelum di upload ke web hosting lebih baik coba install secara local/offline saja agar lebih mudah dalam proses penambahan informasi. Nah bagi para guru -guru yang diberikan tugas untuk membuat website sekolah, bisa menggunakan CMS Balitbang ini,

Selamat Mencoba

Pin It

10 thoughts on “Membangun website sekolah secara cepat dan mudah menggunakan CMS Balitbang

  1. mas gimana carannya uji coba di letakkan di webserver centos ???
    koq ngak jalan ya webseite nya???

    mohon pencerahanny

  2. Heru Prasetiawan September 29, 2011 at 9:28 am - Author

    # dedy : ga muncul kenapa mas bisa diperlihatkan
    # dimaspramudia : iya mas sudah banyak karena mudah simple dan cepat hehehehehhehe

  3. [img]http://cdn-u.kaskus.us/60/1vcpzpy1.jpg[/img]

    kayak it agan pas saya masukin ke webserver centos via vmware.,.
    tapi kalau di jalankan di windows, websitenya tampil normal…

  4. tolong bagaimana cara upload cms balitbang ke webhosting, soalnya saya dah coba upload ga pernah berhasil..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*