Training Linux Fundamental Hari Pertama & Kedua di Pangkal Pinang-Bangka

Sesuai dengan rencana yang saya tuliskan sebelumnya, hari Senin 4 pagi saya meluncur dari Bekasi ke bandara Soekarno-Hatta (sampai sekarang saya kurang sreg menyingkat nama bandara ini menjadi bandara Soetta. Entah kenapa kok namanya terasa kurang bagus kalau disingkat jadi Soetta  :-) ).Perjalanan relatif lancar meski sempat tersendat di tol dalam kota akibat adanya truk yang tabrakan (kayaknya menabrak kendaraan yang ada di depannya. Ya iyalah, masya nabrak yang dibelakangnya, hehehe…).

Sampai di bandara sekitar pukul 5 pagi lewat sedikit, saya bertemu dengan pihak protokoler kantor klien yang memberikan tiket yang sudah dicheck-in kan dan sudah dilengkapi pajak bandara. Sebelum  ciao ke gate B4, saya mengurus bagasi untuk tas dan buah tangan untuk teman-teman di Pangkal Pinang. Alhamdulillah masih bisa shalat Shubuh di mushola bandara di gate B4 karena waktu boarding saya sekitar pukul 06.15 untuk keberangkatan pukul 6.45.

Saya masih bisa baca novel dan update status (jiaah, serasa ada yang baca status saya :-P ) sebelum akhirnya pesawat take off tepat waktu.

Jakarta-Pangkal Pinang hanya butuh waktu sekitar 45 menit sehingga sebelum pukul 08.00 saya sudah sampai di bandara Depati Amir Pangkal Pinang. Di bandara di jemput oleh pihak protokoler kantor klien dan dalam waktu kurang dari 15 menit saya sudah duduk manis di ruang training sambil say hello dengan beberapa rekan yang pada Juni lalu mengikuti training yang sama.

Untuk training Linux Server Fundamental kali ini saya menambahkan beberapa materi dari training sebelumnya, yaitu dalam bentuk :

  1. Penjelasan Mengenai Linux
  2. Tips Memilih Distro Linux
  3. Instalasi Dasar Linux
  4. Penjelasan mengenai konfigurasi partisi & storage
  5. Konfigurasi Network
  6. Konfigurasi Aplikasi Penting
  7. Konfigurasi Repositori
  8. Instalasi Package
  9. Penggunaan Editor vi & Nano
  10. Linux File System
  11. Process I/O & perintah dasar Linux
  12. Bash Terminal
  13. Linux Process
  14. Advanced Linux Utilities
  15. Crontab
  16. Linux LiveCD
  17. Linux Desktop

Jadi secara materi ada penambahan materi Linux Desktop dan pernak-perniknya. Hal ini berkaca pada training sebelumnya bahwa bagi para peserta, materi Linux Fundamental juga memerlukan pembahasan mengenai Linux Desktop untuk penggunaan sehari-hari.

Secara umum training berjalan dengan lancar sesuai harapan. Saya bisa pulang ke hotel dan bersantai untuk menulis artikel sebelum beristirahat untuk persiapan training berikutnya. Semoga materi training ini bermanfaat bagi rekan-rekan yang mengikuti training, baik untuk keperluan pribadi, untuk perusahaan maupun sebagai bekal peningkatan karier ;-)

Masukkan alamat email pada form dibawah ini untuk menerima update mengenai artikel, tutorial atau tips terbaru dari website ini:

Delivered by FeedBurner

2 Responses for “Training Linux Fundamental Hari Pertama & Kedua di Pangkal Pinang-Bangka”

  1. [...] favorit saya adalah di waktu Shubuh, baik sebelum maupun sesudahnya. Jika saya berada di luar kota seperti sekarang ini, biasanya saya tidur cepat-selepas shalat Isya, sekitar pukul 8 malam-dan bangun sekitar pukul 2 [...]

  2. [...] pekan lalu, saat saya sedang berkunjung ke Pangkal Pinang-Bangka Belitung untuk memberikan inhouse training,  saya menerima telepon dari salah seorang “calon” klien. Inti pembicaraan adalah [...]

Leave a Reply

Google Adsense

openSUSE 13.1

Ads

Switch to our mobile site

Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes