PACPL: Multi Purpose Audio Converter, Ripper & Tagger Script

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan sebuah album kompilasi musik Jazz dalam bentuk CD Audio. Albumnya berisi berbagai lagu Jazz dari musisi dunia yang diremake dan dibawakan ulang oleh musisi dunia lainnya. Hmm … lumayan buat menambah koleksi. Agar setiap memutar lagu tersebut tidak perlu menggunakan CD Audionya saya putuskan untuk mengcopynya ke notebook. Tapi ternyata format audionya masih WMA dan terdiri dari 3 CD dengan masing-masing kapasitasnya 600-700 MB, lumayan memboroskan space harddisk nich.

Agar tidak memboroskan space harddisk, solusinya ya dengan melakukan ripping CD atau convert file audio WMA tersebut ke format lainnya misalnya MP3, OGG, FLAC sehingga nantinya diperoleh file audio dengan ukuran yang lebih kecil. Pada sistem operasi linux, untuk melakukan konversi file audio bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi misalnya, SoundConverter, SoundKonverter (untuk desktop KDE), Gnormalize, Sox, WinFF, Handbrake dan tentunya Pacpl.

Pilihan saya jatuh ke Pacpl, karena Pacpl relatif lebih ringan (berbasis CLI), multi purpose (bisa sekaligus untuk converter, ripper dan tagger), serta sudah mendukung konversi untuk berbagai format file audio.

Sumber gambar : http://blogs.oreilly.com/

Perl Audio Converter (Pacpl)

Perl Audio Converter (Pacpl) adalah tool berbasis CLI (Command Line Interface) untuk melakukan konversi/convert berbagai macam format file audio dari satu format ke format lainnya dengan menggunakan berbagai external encoders/decoders.

Pacpl mendukung berbagai format audio seperti: AAC, AC3, AIFF, APE, AU, AVR, BONK, CAF, CDR, FAP, FLA, FLAC, IRCAM, LA, LPAC, M4A, MAT, MAT4, MAT5, MMF, MP2, MP3, MP4, MPC, MPP, NIST, OFR, OFS, OGG, PAC, PAF, PVF, RA, RAM, RAW, SD2, SF, SHN, SMP, SND, SPX, TTA, VOC, W64, WAV, WMA, dan WV.

Pacpl juga bisa digunakan untuk melakukan convert file audio dari file video dengan format berikut: RM, RV, ASF, DivX, MPG, MKV, MPEG, AVI, MOV, OGM, QT, VCD, SVCD, M4V, NSV, NUV, PSP, SMK, VOB, FLV, dan WMV.

Fungsi terakhir Pacpl adalah melakukan ripping CD dengan dukungan CDDB, konversi batch, tag preservation untuk format yang paling banyak disupport, independent tag reading/writing, tampilan kommander dan extensions sederhana untuk Dolphin dan Konqueror.

Instalasi

Pacpl sudah terdapat pada repository utama Ubuntu. Untuk melakukan instalasi Pacpl bisa dilakukan melalui Terminal/Konsole dengan menggunakan perintah:

sudo apt-get install pacpl

Penggunaan

Script Pacpl bisa djalankan dengan menggunakan pola:

pacpl --to format options [file(s)/directory(s)]

Contoh penggunaan kali ini adalah melakukan konversi dari format mp3 menjadi ogg:

Misalkan kita mempunyai koleksi file audio dengan format mp3 yang terletak pada direktori:

  • /home/wdzgouch/Music/mp3/Alternative
  • /home/wdzgouch/Music/mp3/Jazz

Selanjutnya file-file tersebut akan diconvert menjadi file audio dengan format ogg yang akan disimpan pada direktori:

  • /home/wdzgouch/Music/ogg/Alternative
  • /home/wdzgouch/Music/ogg/Jazz

Untuk melakukan convert dengan skenario di atas jalankan perintah:

pacpl --to ogg -r -p /home/wdzgouch/Music/mp3 --outdir /home/wdzgouch/Music/ogg

Dengan menggunakan perintah di atas, maka semua file mp3 yang berada pada direktori /home/wdzgouch/Music/mp3/Alternative dan Jazz akan diconvert menjadi file ogg dan hasilnya akan disimpan pada direktori /home/wdzgouch/Music/ogg/Alternative dan Jazz.

Keterangan:

  • -t, –to format, set encode format for the input file(s) or directory(s).
  • -r, –recursive, recursively scan and convert input folder(s) to desination format.
  • -p, –preserve, when recursively converting a directory, preserve the input folders directory structure in the specified output directory.
  • –outdir, place all encoded files in directory.

Penggunaan lebih lanjut mengenai Pacpl dapat dilihat melalui manualnya, dari Terminal/Konsole jalankan perintah:

man pacpl

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*