Jalan Pintas Install Paket Multimedia, Flash, Java dll pada Fedora 15 dengan Autoten

Sebenarnya ini hanya update dari tulisan Mas Vavai sebelumnya. Saya hanya aplikasikan untuk Fedora 15.

Fedora 15 (Lovelock) secara default tidak menyediakan library multimedia, flash, Java dan library lainnya yang termasuk dalam kategori restricted format secara langsung atas pertimbangan lisensi. Aplikasi tersebut free digunakan namun tidak open source dan tidak boleh dibundel langsung didalam distro berdasarkan lisensi yang digunakan oleh distro-distro tersebut.

Bagi para pengguna Fedora 15 yang ingin menambahkan plugin multimedia untuk memutar MP3, menonton video , menambahkan Flash, Java, Google Earth, Skype dan lain-lain, ada cara mudah menambahkannya, yaitu dengan menggunakan fasilitas Autoten.

Apa itu Autoten?

Autoten
This is a simple program to make life easier and quicker for installing those much needed extras in fedora, and will always be compatible with the latest two releases of fedora, see screenshot to view Autoten options.

Berikut adalah cara mengaktifkan dan menjalankan Autoten pada Fedora 15 “Lovelock” :

su -c 'yum -y --nogpgcheck install http://dnmouse.org/autoplus-1.1-8.noarch.rpm'

Jika membutuhkan key, tambahkan dengan perintah berikut:

su -c 'rpm --import http://dnmouse.org/RPM-GPG-KEY-dnmouse'

Autoten sudah terinstall di daftar aplikasi, untuk menjalankannya klik menu Activities dan ketikkan kata “Autoplus” setelahnya anda akan diminta password, masukkan password root kemudian pilih aplikasi yang hendak diinstall. Proses instalasi akan dilakukan secara otomatis, tentu saja dengan syarat kita terkoneksi dengan repository.

Sampai saat ini  kekurangan dari Autoten, yaitu masih tidak bisa instalasi beberapa modul sekaligus.

-= Selamat Mencoba =-

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*