Info Buku Linux & Open Source : Mastering Ubuntu

CATATAN : Informasi ini dituliskan oleh Guest Blogger Athailah-sang penulis buku-dengan proses editing dari internal http://www.vavai.com. Athailah merupakan salah satu alumni training di Excellent Infotama Kreasindo dan juga aktivis di Microsoft User Group Indonesia (MUGI).

Tulisan ini bukan merupakan endorsement/anjuran/iklan, jika anda penulis buku tentang open source dan ingin memberikan informasi mengenai buku yang ditulis di website http://www.vavai.com, silakan hubungi kami melalui halaman kontak.

Linux Ubuntu merupakan salah satu distro Linux paling populer dan banyak digunakan di Indonesia sehingga kerap dijuluki sebagai distro Linux sejuta umat. Sebagai distro Linux dengan pengguna paling besar, banyak sekali panduan, artikel dan tutorial mengenai Linux Ubuntu namun hal ini bukan berarti semua pengguna bisa dengan mudah mengikuti artikel-artikel tersebut.

Banyak pengguna dan Ubuntu pemula tidak tahu harus apa lagi yang dapat dilakukan setelah mereka menginstall Ubuntu di komputer atau laptop mereka. Yang mereka lihat hanya tampilan yang berbeda dengan sistem operasi yang sudah pernah mereka pelajari, untuk selanjutnya mereka banyak yang bingung bagaimana mengoptimalkan, memoles desktop agar sesuai dengan selera mereka dan mendayagunakan desktop.

Untuk itu buku Mastering Ubuntu karya Athailah-salah satu rekan praktisi IT yang saya temui saat kunjungan ke Batam- ini mencoba untuk memberi pencerahan kepada siapa saja yang baru sama sekali berkenalan dengan sistem operasi Ubuntu, sehingga diharapkan mereka dapat mendayagunakan desktop Ubuntunya secara maksimal. Pembaca juga diharapkan dapat melakukan explorasi terhadap desktop sehingga menghasilkan tampilan desktop ang indah dan sama bergunanya dengan sistem operasi yang sudah terinstall sebelumnya. Hal ini akan mencegah adanya komentar negatif “Habis install Ubuntu kok dihapus lagi :-P

Apa saja yang bisa Anda dapatkan jika membaca buku tersebut? Berikut ini adalah hal-hal yang dibahas dalam buku Mastering Ubuntu ini:

  • Pembaca akan mengetahui dan mendapatkan informasi tentang apa itu Ubuntu dan filosofis yang terkandung didalamnya.
  • Pembacaa akan mengetahui istilah-istilah yang umum dalam dunia Linux dan Open Sources.
  • Pembaca akan mendapatkan informasi bagaimana cara mendapatkan Ubuntu.
  • Pembaca akan dituntun bagaimana cara menginstall Ubuntu.
  • Pembaca akan dituntun bagaimana berkerja dengan Desktop Ubuntu
  • Pembaca akan dituntun bagaimana mempercantik desktop Ubuntu dengan efek-efek yang fantastis yang bahkan di sistem operasi komersial pun belum ada.
  • Pembaca akan mengetahui fungsi program-program bawaan Ubuntu, serta akan dituntun cara mengkonfigurasi program-program tersebut agar bisa dipergunakan langsung.
  • Pembaca akan dituntun bagaimana cara mengkonfigurasi hardware yang umum digunakan dengan komputer.
  • Pembaca akan dituntun bagaimana mengkonfigurasi jaringan dengan Ubuntu, bahkan juga dijelaskan bagaimana cara agar terhubung dengan jaringan VPN.
  • Pembaca akan mendapat informasi tentang perintah-perintah terminal yang umum digunakan di Ubuntu.
  • Dan yang terakhir, pembaca akan dituntun bagaimana cara melakukan backup, baik itu melakukan backup data maupun backup aplikasi, sehingga jika ada sebuah “bencana” yang menimpa Ubuntu anda akan dengan mudah mengembalikannya ke kondisi semula.

Akhir kata, buku ini sangat cocok untuk Anda yang pemula di Ubuntu atau Anda yang ingin menggunakan sistem operasi yang legal, handal dan lain daripada mayoritas orang di dunia :-)

Data Buku:
Judul: Mastering Ubuntu
Penulis: Athailah
Ukuran: 15 x 23 cm
Tebal: viii + 216 hlm
Penerbit: mediakita
ISBN: 979-794-290-2
Harga: Rp58.000,-

Online :

  1. http://mediakita.com/komputer/Mastering-Ubuntu.html
  2. http://gramediaonline.com/moreinfo.cfm?Product_ID=735971&CFID=3364663&CFTOKEN=51045124

Masukkan alamat email pada form dibawah ini untuk menerima update mengenai artikel, tutorial atau tips terbaru dari website ini:

Delivered by FeedBurner

2 Responses for “Info Buku Linux & Open Source : Mastering Ubuntu”

  1. [...] This post was Twitted by oemarbgs [...]

  2. maaf gan bila OOT
    ane lagi bingung gan cari driver LAN Card onboard Acer Veriton M490 untuk Linux Fedora 13……need help gan……thx before

Leave a Reply

Google Adsense

openSUSE 13.1

Ads

Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes