Agenda Pekan Depan : Inhouse Training & Kunjungan Workshop ke Batam

Setelah minggu lalu saya relatif bisa beristirahat dan bersantai, minggu ini hingga minggu depan hidup saya beredar dari satu training ke training yang lain 🙂 .

Awal minggu ini, setelah melakukan hasil penilaian ujian akhir semester dan menyerahkannya pada jurusan TI STMIK Bani Saleh Bekasi (saya mengajar mata kuliah Jaringan Komputer II), saya meluncur ke kantor klien sebuah perusahaan media besar untuk melakukan pertemuan mengenai upaya improvement yang perlu dilakukan, sekaligus untuk melakukan analisa sistem beberapa case problem yang menyebabkan proses operasional sistem kurang maksimal.

Mulai kemarin hingga hari Selasa mendatang, saya mengisi inhouse training sistem di kantor pusat Bea & Cukai di Rawamangun. Meski kerap melintasinya, saya sempat nyasar ke kantor pusdiklat Bea & Cukai, padahal kantor pusat Bea & Cukai justru ada di pinggir jalan utama sedangkan kantor Pusdiklat justru ada di belakang 🙂 . Proses inhouse training ini berjalan menyenangkan karena berjalan secara santai meski tidak mengurangi tingkat keseriusan materi yang saya berikan.

Proses inhouse training di kantor pusat Bea & Cukai ini libur pada hari Sabtu dan Minggu, namun saya tidak bisa langsung beristirahat karena akhir pekan ini justru ada training Zimbra Mail Server di Excellent.

2 hari setelah training di kantor pusat Bea & Cukai berakhir, hari Kamis 21 Juli 2011 saya meluncur ke Batam untuk memenuhi undangan memberikan workshop dari salah satu kementerian mengenai improvement & security server. Sebenarnya agenda saya adalah di hari Jum’at namun untuk kemudahan persiapan, saya sengaja berangkat hari Kamis. Selain keperluan persiapan, saya juga ingin menjumpai my sister di Batam, Iin Belina sekaligus bertemu dengan alumni training Excellent yang berasal dari Batam.

Selesai workshop 1 hari di Batam saya berencana pulang malam itu juga karena esoknya (Sabtu 23 Juli 2011) ada agenda training Teknologi Virtualisasi & Cloud Computing di Excellent, namun kemungkinan untuk training hari pertama ini akan diisi oleh Budi Sumawijaya, salah seorang staff Excellent yang memang terbiasa mengajar materi ini sekaligus terbiasa melakukan implementasi virtualization server di klien. Jika saya pulang pada hari Sabtu siang, saya bisa membantu mengisi sesi pemilihan teknologi virtualisasi yang paling tepat untuk perusahaan.

Dibandingkan dengan kondisi pekerjaan sebelumnya, pekerjaan yang saya lakukan sekarang ini memang lebih beragam dan membuat saya sering mobile, namun saya menikmatinya sebagai pengalaman yang menarik. Hitung-hitung hiking & journey tanpa mengeluarkan biaya, hehehe…

Sisi lain yang perlu secara bertahap saya lakukan adalah delegasi pekerjaan yang biasa saya tangani. Delegasi pekerjaan yang sukses dilakukan akan meningkatkan kepercayaan staff sekaligus meringankan beban pekerjaan saya sendiri, meski memang prosesnya dibuat sealamiah mungkin dan tidak merugikan klien yang ditangani. Beberapa pekerjaan implementasi yang dilakukan Excellent kini bisa didelegasikan ke beberapa staff, saya biasanya banyak terlibat diawal proses dan secara bertahap memberikan tanggung jawab implementasi kepada staff.

Bagi teman-teman yang ada di Batam, sampai bertemu, siapa tahu bisa kopdar disana.

Pin It

One thought on “Agenda Pekan Depan : Inhouse Training & Kunjungan Workshop ke Batam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*