AndFTP, FTP Client untuk Tablet/HP Berbasis Android

Salah satu aplikasi yang kerap saya pakai untuk melakukan koneksi dan transfer data ke server yang saya kelola adalah FTP Client. Karena Android berbasis Linux, mudah sekali menemukan FTP Client untuk Samsung Galaxy Tab 10.1 yang saya gunakan, salah satunya adalah AndFTP. Aplikasi ini free dan bisa langsung diinstall dari HP/Tablet berbasis Android melalui Android Market.

Selain FTP, AndFTP juga menyediakan koneksi scp (Secure Copy) untuk transfer data dari dan ke mesin-mesin server berbasis Linux atau sistem lain yang menyediakan akses SSH.

Setelah diinstall, kita bisa langsung mendefinisikan jenis FTP Server yang akan diakses. Untuk melakukan koneksi, klik saja tombol Connect.

Pada saat terkoneksi, pada bagian atas tersedia beberapa tab pilihan, antara lain : FTP File Browser/Device File Browser, Upload/Download dan Close. Jika kita dalam posisi device file browser, yang tampil pada panel adalah folder-folder dari Tablet/HP Android, sedangkan FTP File Browser menampilkan isi dari FTP Server yang sedang kita koneksikan.

Tombol/tab pada bagian atas ini bersifat toggle, dalam arti kita bisa melakukan tap untuk berpindah dari satu posisi ke posisi yang lain. Jika kita tap pada pilihan Device File Browser maka tampilan akan berubah menjadi isi folder tablet/HP Android, sedangkan tulisannya sendiri berubah menjadi FTP File Browser.

Untuk memilih salah satu folder/file, kita bisa melakukan tap (menekan) pada salah satu folder/file beberapa lama sehingga folder/file tersebut diberikan tanda centang, kemudian memilih tombol Upload/Download. Proses transfer data berlangsung cepat, meski tentu saja tergantung koneksi yang digunakan dan seberapa besar file/folder yang ditransfer.

Lumayan, nggak percuma beli tablet untuk mendukung pekerjaan, sehingga relatif tidak ada waktu yang terbuang percuma.

Pin It

2 thoughts on “AndFTP, FTP Client untuk Tablet/HP Berbasis Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*