Solved : VirtualBox Error “Failed to load VMMR0.r0 (VERR_SUPLIB_WORLD_WRITABLE)”

Tadi siang saya mendapat pesan error saat menjalankan salah satu Virtual Machine (VM) melalui VirtualBox dari sistem operasi Linux Fedora 14 saya. Awalnya saya pikir hal ini karena file image VM saya set all writable karena saya pergunakan untuk multi sistem dalam 1 laptop (openSUSE, Ubuntu dan LinuxMint).

Untuk menghemat space, saya memang sengaja menggunakan 1 image VirtualBox dan menjalankannya dari berbagai sistem operasi yang berbeda.

Upaya saya melakukan perbaikan dengan cara mengubah permission access dari file image tersebut ternyata tidak sukses. Masalah juga tidak terpecahkan meski saya sudah update VirtualBox ke versi terkini. Setelah browsing via Google sebentar, ternyata penyelesaiannya sangat sepele. Cukup dengan menjalankan 1 baris perintah berikut :

chmod o-w /usr

Satu baris perintah tersebut cukup ampuh membuat VirtualBox berjalan sebagaimana mestinya. Saya tidak tahu aplikasi apa yang membuat folder /usr menjadi “others writable” sehingga sempat membuat VirtualBox mogok beroperasi 🙂

Pin It

8 thoughts on “Solved : VirtualBox Error “Failed to load VMMR0.r0 (VERR_SUPLIB_WORLD_WRITABLE)”

  1. Bos,mohon pencerahan,saya coba restore vm di virtualbox kok konfigurasi networknya berubah?what must I do?Thanks.

  2. Nggak apa-apa mas, itu terjadi karena si Vbox mendefinisikan hardware lain. Hapus saja network yang lama dan set dengan yang baru. Soal eth0 atau eth1 tidak terlalu berpengaruh kok.

  3. pada saat create vm baru trus HDnya saya arahkan yang sudah ada Errornya ini Bos:

    Failed to open the hard disk /root/ZCS/ZCS/ZCS.vdi.
    Cannot register the hard disk ‘/root/ZCS/ZCS/ZCS.vdi’ {f0eb2b99-e4a7-4eee-b24b-d274f06e8127} because a hard disk ‘/home/ZCS/ZCS/ZCS.vdi’ with UUID {f0eb2b99-e4a7-4eee-b24b-d274f06e8127} already exists.

    Result Code:
    NS_ERROR_INVALID_ARG (0x80070057)
    Component:
    VirtualBox
    Interface:
    IVirtualBox {d2de270c-1d4b-4c9e-843f-bbb9b47269ff}

  4. @Mbah Darmo,

    Ini karena harddisk VDI metadatanya sudah ada di mesin yang sama. Coba pindahkan ke mesin yg lain, pasti bisa.

    Kalau mau beda, coba export ke ovf dan import lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*