Samsung Galaxy Tab 10.1 Sebagai Mobile Access Point

Salah satu keunggulan tablet/HP berbasis Android adalah mudahnya setting perangkat tersebut sebagai Access Point. Kemampuan disetting sebagai Access Point ini penting karena perangkat lain semacam Laptop dapat dengan mudah dikoneksikan dengan Access Point ketimbang harus melalui Bluetooth ataupun kabel.

Samsung Galaxy Tab 10.1 juga menyediakan feature ini dan dapat langsung diaktifkan dengan beberapa sentuhan saja. Yang perlu diingat adalah bahwa jika Galaxy Tab diset sebagai Access Point, ia akan menonaktifkan koneksi Wifi (non aktif koneksi wifi client) karena yang akan dishare adalah koneksi mobile networks dalam bentuk HSDPA/GSM/3G/WCDMA.

Berikut adalah cara melakukan aktivasi Samsung Galaxy Tab 10.1 sebagai mobile Access Point :

  1. Pilih Menu Apps kemudian menu Settings

  2. Pilih Menu Wireless & Networks, kemudian pilih menu Tethering & Portable Hotspot

  3. Langkah terakhir, berikan tanda centang pada menu Portable Wi-Fi Hotspot. Tap juga pilihan “Configure Portable Wi-Fi Hotspot” untuk mengubah nama Access Point dan mendefinisikan security protokol untuk Access Point. Saya mengaktifkan security WPA-PSK agar tidak ada yang numpang akses tanpa permisi, hehehe…

    Selain melalui Access Point, kita juga bisa mengaktifkan share koneksi via Bluetooth dengan memberikan tanda centang pada pilihan “Bluetooth Tethering”.

  4. Test dengan mengakses Access Point melalui Laptop atau perangkat lainnya.

Fasilitas Mobile Access Point ini menjadi sangat bermanfaat jika satu waktu saya melakukan pekerjaan di kantor klien yang memiliki aturan khusus untuk akses internet atas pertimbangan keamanan jaringan.

Beberapa klien biasanya memang menyediakan akses internet full tanpa pembatasan saat melakukan setup server, namun banyak juga klien-terutama perusahaan berskala besar-yang memberikan batasan-batasan port dan website yang bisa diakses, padahal ada kalanya saya membutuhkan akses tersebut untuk melakukan testing/melakukan download aplikasi tertentu.

Pin It

10 thoughts on “Samsung Galaxy Tab 10.1 Sebagai Mobile Access Point

  1. Waktu rapat kemarin saya nunggu kedatangan mas Vavai je.
    Mau head to head antara Ipad2 dan Samsung Tab 10.1

    Aku juga nunjukkan cara menjadkan ponsel Android sebagai AP. Sebagai sesama Androider, maka kemudahan yang ada di Samsung Tab juga ada di Samsung Ace.

    Salam sehati

  2. selain mudah dikoneksikan melalui wlan, saya sih bluethooth lebih sering saya pakai koneksi dengan bluethooth head set buat dengerin musik di laptop dan kadang kadang buat tranfer file dari gadget lain, misal dari ponsel, hehehe

  3. Tambahan aja om,galaxy mini juga bisa 😀
    ane suka numpang hotspot ke temen yang punya galaxy mini
    sesama android kan mesti sharing ( alesan aja siy ha3 )

  4. Sy pk galaxy tab 10.1 juga,sy download ebook, tapi ga bisa di baca /di impor di aplikasi ebook nya, padahal sdh download ebook reader nya, mohon pencerahannya.thanx before

  5. Pingback: Persiapan Lokasi Workshop Active Directory Berbasis Linux Server Samba 4 | Bisnis Having Fun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*