Mengaktifkan Instant Messenger pada Zimbra Mail Server Versi 7

Berbeda dengan versi-versi sebelumnya, Zimbra versi 7 secara default menonaktifkan fasilitas Instant Messenger. Instant Messenger Zimbra berbasis Protokol XMPP sehingga bisa digunakan oleh aplikasi lain yang menggunakan protokol yang sama, misalnya aplikasi Pidgin Instant Messenger (Pidgin IM).

Jika digunakan di dalam perusahaan/instansi yang sama, Instant Messenger ini hanya akan menggunakan bandwidth lokal sehingga tidak membebani bandwidth ke internet.

Instant messenger memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan pesan via email yaitu bisa langsung mem-buzz si penerima sehingga aware pada pesan yang ingin kita sampaikan. Siapa tahu isi pesan di instant messenger adalah : “Please dong buka email, saya kirim email belum direply tuh”, hehehe…

Bagi rekan-rekan yang ingin mengaktifkan Instant Messenger di Zimbra versi 7, silakan jalankan perintah berikut ini :

su - zimbra
zmprov mcf zimbraXMPPEnabled TRUE
zmprov mc default zimbraFeatureIMEnabled TRUE
zmprov mc default zimbraFeatureInstantNotify TRUE
zmprov mc default zimbraPrefIMAutoLogin TRUE
zmcontrol restart

Setelah selesai, silakan buka webmail, mestinya sudah ada icon Instan Messenger disana. Jika lebih cenderung menggunakan aplikasi instant messenger, silakan gunakan Pidgin dan lakukan setup sebagai berikut :

  1. Install Pidgin sesuai dengan sistem operasi klien yang digunakan
  2. Jalankan Pidgin, klik Add pada bagian Welcome screen
  3. Set pada Basic Tab: Protocol=XMPP
  4. Set pada Basic Tab: Username=account Zimbra (pastikan tanpa nama domain, misalnya account Zimbra saya adalah vavai@vavai.com, maka user name = vavai).
  5. Set pada Basic Tab: Domain=Nama domain yang kita gunakan, yaitu nama setelah tanda@. Contoh untuk kasus saya, nama domain = vavai.com
  6. Set pada Basic Tab: Resource=Zimbra or apapun nama yang digunakan untuk mendefinisikan lokasi penggunaan
  7. Set pada Basic Tab: Password=Zimbra Password
  8. Set pada Basic Tab: Remember Password=User Preference.
  9. Set pada Basic Tab: Local Alias=Nick Name untuk account yang kita miliki, misalnya vavai, nick name : Nick Carter (hahaha, ngarang… 😛 )
  10. Set pada Basic Tab: New Mail Notifications=Biarkan tidak terpilih
  11. Set pada Basic Tab: Use this buddy icon for this account=Pilih avatar yang diinginkan
  12. Set pada Advanced Tab: Require SSL/TLS=Tidak usah dipilih kecuali kita mengakses Zimbra menggunakan https (protokol SSL)
  13. Set pada Advanced Tab: Force old-style SSL=Biarkan tidak dipilih
  14. Set pada Advanced Tab: Allow Plain text authentication=biarkan terpilih kecuali kita mengakses Zimbra menggunakan https (protokol SSL)
  15. Set pada Advanced Tab: Connect Port=5222
  16. Set pada Advanced Tab: Connect Server=nama atau alamat Zimbra Mail Server, misalnya mail.vavai.com atau 192.168.10.1
  17. Set pada Advanced Tab: Proxy Type=Biarkan tidak terpilih, kecuali akses ke Zimbra selalu menggunakan proxy server
  18. Set pada All Tabs: Create New Account on This Server=Biarkan tidak terpilih
  19. Klik OK.

Selamat ber-instant messenger 🙂

Pin It

6 thoughts on “Mengaktifkan Instant Messenger pada Zimbra Mail Server Versi 7

  1. mas, kalo otomatis ngelist user-usernya gimana? bisa ga? hehehe… jadi enak ga perlu nambahin satu-satu mas… mohon pencerahan mas… hehehe…

  2. Pingback: Pertanyaan Jika Jadi Mengikuti Training Tanggal 22 Agustus 2011 di Excellent « virtualpabx

  3. Mas vivai saya mengikuti blog anda sejak lama bener-bener membantu tugas saya sebagai admin, maap baru kali ini comment (minta pencerahan lagi :p)

    Gimana mengaktifkan notifikasi email untuk xmpp (saya pakai pidgin), di forum zimbra sih di mark sebagai bug http://bugzilla.zimbra.com/show_bug.cgi?id=30476 tapi untuk zimbra 5 sedangkan sekarang kantor saya pake zimbra 7

  4. Dear Mas Vavai, saya mau tanya seputar instant messanger pada zimbra, cara instal itu dilakukan saat awal konfigurasi mail server atau setelah beroprasi pun tetap bisa?
    Karena mail server saya sudah berjalan, namun saat saya instal instant messanger-nya tetap tidak mau muncul fasilitas chatting-nya..

    Mohon pencerahannya..

  5. @Revelin,

    Hi Revelin. Bisa diaktifkan setelah mail server berjalan. BTW, perintah diatas berasumsi Class of Services user = default. Jika user menggunakan CoS lain, silakan disesuaikan. Jika user sudah dalam posisi login, coba logout kemudian login ulang

  6. Nah, kalo pake CoS lain, yang disesuaikan di menu apa? Soalnya feature2 yang ada udah saya sama-samain, tapi ga berhasil juga..
    Kayaknya butuh petunjuk lagi dari masternya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*