Gnome3 pada openSUSE 11.4

Libur 3 hari diakhir pekan ini saya manfaatkan untuk kegiatan ngoprek, salah satunya adalah mencoba desktop environment Gnome3 pada openSUSE 11.4, Fedora dan Ubuntu. Untuk Fedora dan Ubuntu saya akan menggunakan LiveCD sedangkan untuk openSUSE 11.4 saya menggunakan proses install & upgrade  pada sistem yang sudah berjalan.

Instalasi Gnome3 pada openSUSE 11.4 sangat mudah karena bisa langsung menggunakan fasilitas 1-click install. Jika ingin melakukan instalasi menggunakan metode ini, silakan buka gnome-terminal (persiapan untuk nanti melakukan proses restart) kemudian  klik salah satu link berikut ini :

Untuk openSUSE 11.4 32 bit
Oneclick.png
Untuk openSUSE 11.4 64 bit
Oneclick.png

openSUSE akan otomatis menampilkan YAST metapackage-handler dan proses wizard instalasi akan berjalan sebagaimana mestinya. Jika ada aplikasi yang konflik dengan versi yang sudah ada, pilihlah proses resolving yang sudah disediakan (biasanya ada pilihan-pilihan yang bisa kita ambil).

Setelah selesai upgrade, lakukan proses restart sistem. Voila, Gnome3 sudah terinstall dengan baik. Proses restart ini wajib dilakukan karena kemungkinan besar Gnome3 akan mengalami masalah akses mengingat adanya aplikasi yang diganti dengan aplikasi baru.

Kesan pertama yang saya rasakan adalah workspace yang diperluas. Mirip seperti tampilan browser-browser generasi sekarang yang meminimalkan menu dan memberikan tampilan layar yang lebih luas.

Dibandingkan dengan kesan saat pertama kali menggunakan KDE 4.0.0, rilis Gnome3 ini jauh lebih baik karena meski masih memerlukan beberapa polesan, aplikasi yang kerap saya pergunakan relatif lancar dan tidak mengalami kendala.

Bagi rekan-rekan yang ingin menggunakan alternatif lain atau membutuhkan keterangan lebih detail mengenai Gnome3 pada openSUSE silakan merujuk ke halaman ini.

Selamat mencoba.

Pin It

11 thoughts on “Gnome3 pada openSUSE 11.4

  1. Ah, saya juga akan mencobanya Mas Vavai, ingin melihat Gnome Shell di openSUSE dan membandingkannya dengan Unity di Ubuntu 11.04 🙂

  2. alhamdulillah, selalu ada yg baru dari mas vavai.
    kalau mas vavai bersedia, saya akan meminta mas vavai menjadi dosen tamu di tempat saya. Nanti saya hubungi via japri.

    salam
    omjay

  3. beberapa waktu lalu saya mencoba gnome shell di ubuntu 10.10 tapi masih menemukannya sangat tidak stabil, akhir pekan ini saya berharap sudah bisa mencicipi unity di ubuntu 11.04. mudah2an

  4. Pingback: Update openSUSE 11.4 ke Gnome 3.0 | Saydulakram dotCom

  5. Aziz Maulana Hamzah May 12, 2011 at 8:13 am -

    alhamdulillahi, saya sudah berhasil upgrade ke GNOME3 dan berjalan dengan sempurna dan sepanjang ini stabil. namun saya masih kesulitan untuk menampilkan sensor temperature cpu saya di gnome 3 ini, mungkin mas vavai punya solusi selain saya harus mengetikan perintah sensors di terminal untuk melihat temp cpu, maksud saya supaya bisa di tempel di panel seperti di gnome2.

    terimakasih.

  6. Pingback: Gnome3 : merubah penampilan, font, dll

  7. Sayangnya ubuntu mulai versi 11.04 (natty) sudah tidak akur dengan gnome, dan lebih memilih untuk mengembangkan Unity desktopnya. Padahal kepingin tahu seperti apa Gnome 3 itu.

  8. Pingback: Update openSUSE 11.4 ke Gnome 3.0 | KPLI Kendari

  9. Pingback: Gnome 3 atau Unity? | Bhyllabus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*