Pekerjaan Konsultan IT & Rutinitasnya

Sudah hampir 2 minggu ini saya bekerja ulang-alik Bekasi Gambir. Ada pekerjaan migrasi sistem di kantor klien di jalan Medan Merdeka, samping markas Kostrad.

Saya jadi terbiasa dengan rutinitas kerja kantor, sebagaimana saat saya masih bekerja di Tanjung Priok. Bangun dan mempersiapkan diri saat Shubuh, kemudian pukul 6 pagi sudah sampai di stasiun Bekasi untuk berangkat naik kereta AC Express tujuan Stasiun Jakarta Kota via Gambir-Juanda.

Kereta tiba di stasiun Bekasi pukul 6.15, menurunkan penumpang akhir sekaligus menaikkan penumpang dan berangkat pada pukul 6.25.

Tiba di Gambir sekitar pukul 7.15, masih ada waktu 1.5 jam sebelum saya berangkat ke kantor klien yang jaraknya hanya beberapa ratus meter dari stasiun Gambir.

Kafe Gambir

Waktu yang berharga ini saya manfaatkan dengan bekerja sekaligus sarapan pagi di salah satu kafe di kawasan Gambir. Ada salah satu kafe yang suasananya santai, teduh (didalam tentunya ruangan ber-AC tapi saya lebih senang bekerja disisi luar dibawah naungan dan disamping tumbuhan bunga-bungaan), makanannya cukup enak dan akses internetnya cukup cepat (kalau pas nggak problem 😀 ).

Pekerjaan yang biasanya saya lakukan adalah membalas email, mengirim proposal, memenuhi request, membuat finalisasi laporan dan membuat artikel. Artikel terakhir yang saya tulis terkait dengan integrasi Zimbra Mail Server dan Mailman Mailing List misalnya, saya publish sewaktu sarapan pagi di Gambir.

Untuk efektifitas, saya kadang membuat beberapa draft via HP. Artikel-artikel di blog misalnya, draftnya dibuat via HP saat saya di kereta, kemudian dirapikan dan dipublikasikan menggunakan laptop.
Sebenarnya bisa juga langsung saya publish, namun biasanya saya melakukan proof read sebelum mempublikasikannya.

Selepas mengerjakan hal-hal yang sifatnya pribadi dan terkait internal Excellent, barulah saya meluncur ke kantor klien. Saat training migrasi, kegiatan training berakhir pada pukul 15.00 WIB sehingga saya bisa menunggu waktu shalat Ashar baru meluncur ke stasiun untuk pulang.

Untuk kegiatan pasca training (Proof of Concept & Imlementasi) waktunya lebih variatif tapi so far saya tidak perlu bermalam di kantor klien 😉

Akhir pekan ini mestinya pekerjaan sudah selesai namun karena ada libur di hari Jum’at, saya masih kembali di hari Senin mendatang. Untuk kegiatan berikutnya, saya mesti menyiapkan diri untuk Inhouse Training Universitas Negeri Malang dan PT. Rainer. Semoga lancar.

Pin It

4 thoughts on “Pekerjaan Konsultan IT & Rutinitasnya

  1. Eh, saya juga pernah — lebih tepatnya sering ketika nunggu kereta — duduk di tempat ini. Saya pernah duduk di meja yang di foto ini ada di pojok kanan atas itu loh.. Dan, waktu itu selama 3 jam. Hahahaha!

    Oops, out topic ya komentarnya 😀

  2. Jangan lupa, sekarang laptop anda banyak mengadung IP dan mungkin information under NDA dari client dan semua koleksi solusi anda. Jadi setiap pulang di malam hari, sync up ke NAS di rumah.
    Pas laptop saya jebol, saya bisa recover dalam 2 jam atau kalo minjem laptop orang lain, bisa SSH ke server NAS di rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*