Tips Upgrade Zimbra 6.x.x ke Zimbra 7.x.x

Zimbra 7 yang dirilis beberapa waktu yang lalu menawarkan tingkat keamanan yang lebih baik dalam menghadapi spam dan virus, sesuatu yang mungkin menarik minat para pengguna Zimbra yang masih menggunakan versi 5 dan 6.

Apakah proses upgrade wajib dilakukan ? Tentu saja jawabannya tergantung pada kebutuhan. Jika concern anda ada pada aspek keamanan dan merasa sistem sekarang kerap mendapat masalah keamanan data, opsi upgrade bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Jika sistem yang digunakan sekarang cukup stabil dan relatif lancar, upgrade bisa saja tidak menjadi prioritas dan kita bisa memilih untuk melakukannya diwaktu lain.

Bagi rekan-rekan yang ingin melakukan upgrade sistem dari Zimbra 6.x.x ke Zimbra 7.x.x, berikut adalah beberapa catatan yang penting untuk diperhatikan agar proses upgrade berjalan mulus dan lancar mengingat upgrade seperti ini merupakan upgrade major yang akan mengubah banyak setting.

  1. Backup Total/Full Backup. Lakukan backup total seluruh folder /opt/zimbra, sebaiknya ke media/komputer lain. Hal ini penting dilakukan sebagai tindakan preventif jika proses upgrade tidak berjalan sebagaimana mestinya. Jika menggunakan teknologi virtualisasi, alangkah baiknya jika proses backup dilakukan dengan menyalin file image virtual. Untuk menghindari kemungkinan file/database conflict, lakukan backup saat posisi service Zimbra sedang off/down.
  2. Buat Catatan Modifikasi Setting. Proses upgrade akan menormalkan kembali semua setting modifikasi ke setting default. Semua setting bawaan Zimbra yang dimodifikasi akan tetap dipertahankan namun untuk setting tambahan seperti DomainKeys/DKIM, PolicyD, Postfix Restrict Recipient, RBL override dll akan dihapus karena isi file /opt/zimbra/postfix/conf/main.cf akan dikembalikan ke setting awal
  3. Download dan Baca Release Notes. Release notes bisa didownload disini : http://www.zimbra.com/downloads/os-downloads.html. Baca baik-baik apa saja yang akan berubah, termasuk persiapan sebelum upgrade dan hal-hal yang harus dilakukan setelah proses upgrade
  4. Update MySQL Database. Atas alasan lamanya proses update database, Zimbra akan melewati proses ini saat proses upgrade sistem. Meski tidak akan berpengaruh pada proses pengiriman email, Zimbra akan menampilkan pesan error berikut pada database integrity report :
    Database errors found.
    /opt/zimbra/mysql/bin/mysqlcheck --defaults-file=/opt/zimbra/conf/my.cnf -S /opt/zimbra/db/mysql.sock -A -C -s -u root --password=XtfabvSktqwZBQKFU5J.vAJ8QQUpssqi
    mboxgroup1.appointment
     error    : Table upgrade required. Please do "REPAIR TABLE `appointment`" or dump/reload to fix it!
     mboxgroup1.data_source_item
     error    : Table upgrade required. Please do "REPAIR TABLE `data_source_item`" or dump/reload to fix it!
     mboxgroup1.imap_folder
     error    : Table upgrade required. Please do "REPAIR TABLE `imap_folder`" or dump/reload to fix it!
     mboxgroup1.mail_item
     error    : Table upgrade required. Please do "REPAIR TABLE `mail_item`" or dump/reload to fix it!
     mboxgroup1.pop3_message
     error    : Table upgrade required. Please do "REPAIR TABLE `pop3_message`" or dump/reload to fix it!

    Untuk mengatasinya, lakukan perintah berikut melalui konsole :

    /opt/zimbra/libexec/scripts/migrate20100913-Mysql51.pl

    Perintah diatas akan memerintahkan Zimbra untuk melakukan update database MySQL peninggalan dari Zimbra 6.x.x

  5. Optional : Otorisasi Zimbra. Jika setelah upgrade Zimbra tidak bisa mengirimkan email (email tertahan), mungkin perlu memerintahkan proses otorisasi MTA Zimbra dengan perintah :
    sudo /opt/zimbra/bin/zmprov –m –l yourZimbra.server.com zimbraMtaAuthHost yourZimbra.server.com

    Ingat, perintah diatas tidak mutlak diperlukan. Jika setelah upgrade Zimbra berjalan dengan baik, perintah otorisasi diatas tidak perlu dilakukan.

Semoga sukses melakukan upgrade Zimbra, jika memang memerlukan dan menginginkannya ;-).

Advertorial : Tertarik ingin mempelajari Zimbra Mail Server secara komprehensif? Silakan klik disini.

Pin It

One thought on “Tips Upgrade Zimbra 6.x.x ke Zimbra 7.x.x

  1. Pingback: Panduan Tracking Message/Email pada Zimbra Mail Server | Migrasi Windows Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*