Angka-Angka yang Sukar Dibaca & Diingat

Saya kerap sebal jika membaca sederetan nomor HP atau nomor rekening atau nomor tertentu di SMS yang mesti saya hapal ulang. Jika saya mesti menghapal angka 083897211342121, akan lebih mudah bagi saya jika saya memecahnya kedalam deretan 4 angka terpisah, menjadi : 0838 9721 1342 121.

Hal yang sama berlaku untuk nomor rekening. Seberapa cepat anda menghapal atau menyebutkan angka 21156000502273823 ?

Saya belum tahu apakah ada HP yang memiliki kemampuan menampilkan sederetan nomor dalam formasi terpisah namun jika kita call akan otomatis mampu menggabungkannya ? Jadi kita bisa mudah membaca, menghapal maupun melakukan panggilan.

Saat masih bekerja di Tanjung Priok, saya kerap menegur security yang kurang tepat dalam memberitahukan angka tertentu. Kasusnya begini. Di kantor ada peraturan semua kendaraan yang keluar dan masuk harus dicatat nomor polisinya. Untuk keperluan ini ada 1 security bertindak sebagai admin di depan komputer dan security lain yang berjaga di pintu gerbang. Jika ada kendaraan yang lewat, security di gerbang akan menyampaikan nomor polisinya kepada security admin menggunakan HT, hanya saja mereka kerap menyampaikannya dalam formasi angka yang tidak pas. Contoh :

“Nomor Polisi : Dua Satu Delapan Belas”

Jika mendengar kalimat seperti ini, si security akan mengetik angka “218….” baru deh ketahuan angkanya mestinya “2118”

Mestinya kalau memang mesti menyebut angka satu persatu, si security harus standar menyebutkannya : “Dua Satu Satu Delapan”

Saya pernah membaca ada orang-orang yang dikaruniai kemampuan mengingat angka dalam jumlah panjang maupun memiliki ingatan fotografis tertentu, namun mengingat orang-orang tersebut tidak banyak jumlahnya, penulisan formasi angka yang lebih mudah diingat mungkin bisa banyak membantu.

Pin It

2 thoughts on “Angka-Angka yang Sukar Dibaca & Diingat

  1. pada bbrp bahasa (misalnya belanda dan jerman), bukan cuma angka belasan yg angkanya disebut dengan urutan terbalik (misalnya 13 itu tiga-belas) namun seluruh angka puluhan lainnya.. contohnya angka 68 dalam bhs belanda disebut acht en zestig yang literally berarti delapan dan enam puluh.

    kalo kaya gini, jadi mesti lebih ati2 lagi ngedenger orang nyebut angka 😀 mesti mendengar sampai selesai hehehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*