Instalasi Paket Multimedia, Flash, Java dll pada Fedora 14 Menggunakan Autoten

Fedora 14 seperti halnya Ubuntu dan openSUSE tidak menyediakan library multimedia, flash, Java dan library lainnya yang termasuk dalam kategori restricted format secara langsung atas pertimbangan lisensi. Aplikasi tersebut free digunakan namun tidak open source dan tidak boleh dibundel langsung didalam distro berdasarkan lisensi yang digunakan oleh distro-distro tersebut.

Bagi para pengguna Fedora 14 yang ingin menambahkan plugin multimedia untuk memutar MP3, menonton video , menambahkan Flash, Java, Google Earth, Skype dan lain-lain, ada cara mudah menambahkannya, yaitu dengan menggunakan fasilitas Autoten.

Apa itu Autoten?

Autoten
This is a simple program to make life easier and quicker for installing those much needed extras in fedora, and will always be compatible with the latest two releases of fedora, see screenshot to view Autoten options.

Berikut adalah cara mengaktifkan dan menjalankan Autoten pada Fedora 14 “Laughlin” :

rpm --import http://dnmouse.org/RPM-GPG-KEY-dnmouse
rpm -Uvh http://dnmouse.org/autoten-5.2-6.fc14.noarch.rpm

Setelah diinstall, akan muncul icon Autoten di Desktop. Klik saja icon tersebut, masukkan password root kemudian pilih aplikasi yang hendak diinstall. Mudah sekali. Proses instalasi akan dilakukan secara otomatis, tentu saja dengan syarat kita terkoneksi dengan repository.

Fasilitas ini mungkin bisa dengan mudah dimodifikasi untuk bisa dijalankan pada berbagai sistem Linux untuk memudahkan para end user dalam melakukan instalasi paket restricted format.

Saya melihat masih ada 1 kekurangan dari Autoten, yaitu tidak bisa instalasi beberapa modul sekaligus, misalnya install flash, multimedia, Java dll sekaligus dengan sekali click. Kalau ini bisa dilakukan via Autoten, mungkin tidak perlu melakukan klik beberapa kali.

Pin It

4 thoughts on “Instalasi Paket Multimedia, Flash, Java dll pada Fedora 14 Menggunakan Autoten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*