Jika Anda Ingin Menulis Artikel, Tuliskan Saja!

Artikel ini ditujukan pada para blogger yang hendak menulis artikel, namun ragu apakah tulisannya layak dipublikasikan atau tidak; ragu karena isi artikelnya cupu bin copo alias terlalu mendasar; ragu karena takut ada yang menghina; ragu karena merasa tidak bisa menulis sebaik orang lain. Jawaban untuk kesemua keraguan itu singkat saja : JANGAN RAGU !

Keraguan hanya akan menghalangi anda berbuat kreatif. Keraguan hanya membuat anda bertahan dan berjalan di tempat. Keraguan hanya akan menjadi perlindungan semu bagi kekhawatiran anda.

Jangan berpikir bahwa menulis suatu artikel cupu merupakan kegiatan sia-sia dan potensial ditertawakan. Buktinya banyak orang yang suka kok sama tulisannya Raditya “Kambing Jantan” Dhika yang menulis berbagai macam hal konyol dan ajaib. Saya menyenangi tulisan dia, meski mungkin tidak bisa menulis seperti apa yang dia tulis.

Bagi anda yang masih ragu menulis artikel, artikel apapun itu, camkan ini baik-baik : Selama anda menulis artikel yang bersifat positif, tuliskan saja. Meski bagi anda cupu, belum tentu demikian bagi orang lain. Parameternya mudah dan sangat jelas, berapa banyak artikel/tutorial/panduan di internet yang membicarakan hal yang sama namun tidak semuanya cocok dengan anda? Berapa banyak anda mencoba panduan/artikel tentang cara instalasi server namun baru pada artikel buatan si Badu anda merasa cocok? Belum tentu artikel yang pertama kali anda baca merupakan artikel yang paling pas.

Setiap orang punya gaya hidup masing-masing, demikian halnya masing-masing punya gaya penulisan yang berbeda satu dengan yang lain. Mungkin saja ada beberapa orang yang cocok dengan gaya penulisan pass-through, to the point, langsung pada detail; namun ada juga orang yang lebih cocok dengan gaya penulisan ringan, bercerita tentang latar belakang masalah, sebab musabab timbulnya masalah dan bagaimana cara mengatasinya.

Saya pernah punya pengalaman, tidak jadi-jadi menulis suatu tutorial, hanya gara-gara sebelum menulis artikel saya melakukan browsing mengenai topik yang sama. Saat saya Google, ternyata ada banyak tulisan yang lebih lengkap, lebih detail dan rasanya lebih bagus daripada tulisan yang hendak saya buat. Alhasil saya malah tidak jadi menulis.

Padahal tulisan yang banyak, lengkap dan bagus itu kan kata kita. Apa orang sedunia semuanya sepaham dengan kita ? Apa semua orang di dunia menyatakan bahwa satu tulisan itu bagus dan yang lain jelek semua? Tentu tidak, kan?

Jika kita sudah menulis suatu artikel dan merasa artikel itu kurang bagus, kita bisa melengkapinya diwaktu berikutnya. Yang susah itu memulai suatu tulisan. Kalau sudah jadi, kita bisa memperbaikinya, mempercantiknya, melengkapinya. Kalau kita belum menuliskan satu huruf sama sekali, bagaimana kita bisa memperbaiki dan melengkapinya??

Jika kita menulis suatu tulisan dan tak ada satupun yang berkomentar, santai saja. Kalau ada yang berkomentar, “Tulisan lo jelek banget sih, sumpah!”, gak usah diambil hati. Kenapa mesti memusingkan sesuatu yang bersifat negatif bagi kita. Anggap saja itu sebagai masukan berharga agar kita bisa memperbaikinya supaya lebih bagus lagi. Siapa tahu si komentator itu sirik saja sama kita, hehehe…

Jadi, jika anda ingin menulis artikel, jangan takut bahwa tulisannya cupu dan norak. Jangan takut tulisannya terlalu newbie dan mendasar. Kalau kita lihat statistik, lebih banyak kok orang yang newbie dibandingkan dengan yang advanced. Artinya, kalau kita menulis artikel newbie, peluang dibaca orang lain justru lebih besar dibandingkan dengan tulisan yang advanced, yang untuk memahaminya saja mesti belajar bertahun-tahun.

Semoga bermanfaat.

Pin It

22 thoughts on “Jika Anda Ingin Menulis Artikel, Tuliskan Saja!

  1. Pingback: Tweets that mention Jika Anda Ingin Menulis Artikel, Tuliskan Saja! | Migrasi Windows Linux -- Topsy.com

  2. bener tu,
    males banget bawaannya kalaupengen nulis,
    apalagi kalau otak lagi ngeblank,,
    tapi jangan sampai copas seperti saya ya,,
    hehehehe salam kenal gan,,
    dan sukses selalu,,,

  3. Hehe, ini tulisan ini benar2 memberi saya motivasi untuk menulis lagi mas. Udah lama ga nge-Blog tapi pengen lagi, tapi masih ragu2 buat nulis apa.

    Makasi mas atas tulisannya, dan saya anggap ini adalah sebuah motivasi 🙂

  4. saya juga udah mengikuti langkah seperti ini mas,,
    tulis aja apa yang ada di pikiran kita, trus cuek aja..
    mau dibilang bagus silakan, mau dibilang jelek silakan….
    semoga dengan semakin banyak menulis, tulisan2 berikutnya akan semakin bagus….

  5. Wah, Mas Vavai, setelah searching blogs Mas Vavai yang “super canggih” penampilannya itu, aku jadi merasa gimana harus, harus and harus belajar banyak dan pastinya lamaaaa banget biar bisa paling gak 1/100-nya kepinteran Mas Vavai, hehehehe………

  6. waduh blog ku masih cupu…, sekalin memberi informasi… link di dmoz mas vavai mau saya approve tidak…?, klo mau acak-acak blog saya dulu…

    heheheheeh…

    salam kenal.

  7. Mantap artikelnya Mas Vavai. Saya akhir jadi bersemangat, apapun yang lihat, dengar, alami, semua saya coba tulis. Mau blepotan kek, mau hancur-hancuran kek, urusan belakanglah. Bahkan karena latar belakang saya jurnalis, berita yang saya tulispun saya permak jadi feature biar lebih ngepop. Jadilah sebuah artikel untuk ukuran blog, itu menurut saya, entah bagaimana menurut Mas Vavai. Nah, karena itu, sekali-kali mampir jugalah di blog saya, http://aliemhalvaima.blogspot.com kali ada yang bisa dipermak biar kinclong hehehe…. tks salam…

  8. What i don’t realize is in fact how you’re no longer actually a lot more smartly-appreciated than you might be
    right now. You are so intelligent. You already know
    therefore considerably in relation to this matter, made me individually
    imagine it from a lot of numerous angles. Its like women and men are not interested until it is one thing to do with Woman gaga!
    Your own stuffs nice. At all times care for it up!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*