Review 2 Pekan Fokus Berwirausaha/Freelance/Self-Employment

Hari ini merupakan hari ke 14 saya menjalani pekerjaan sebagai wirausahawan, setelah mengundurkan diri dari pekerjaan pada akhir tahun 2010. Secara umum, pengalaman ini sangat menarik bagi saya, bukan hanya dari sisi kebebasan bekerja maupun peluang yang tersedia namun juga dari sisi fleksibilitas waktu dan tempat.

Awal tahun saya buka dengan meluncur ke Pangkal Pinang provinsi Bangka-Belitung untuk agenda instalasi, konfigurasi dan improvement sistem. Berangkat hari Senin, 03 Januari 2011, saya kembali ke markas di Bekasi pada hari Kamis, 6 Januari 2011. Beberapa catatan saya tuliskan disini dan disini.

Hari Jum’at, 7 Januari 2011 saya kembali ke kantor klien yang sama namun yang berlokasi di Jakarta (perwakilan Jakarta/perwaja) didekat stasiun Gambir. Agendanya adalah sinkronisasi data dan persiapan fail over dengan server yang saya setup di Pangkal Pinang. Hari Sabtu pagi saya meluncur ke Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung untuk mengisi seminar tentang Virtualisasi dan Cloud Computing. Materinya sudah saya upload disini.

Setelah beristirahat sejenak dengan ngopdul di kafe Ngopi Dulu di dekat Kampus Unikom, menjelang Maghrib malam itu juga saya meluncur ke kantor klien, sebuah institusi perbankan di dekat terminal Leuwi Panjang. Agendanya adalah midnight show, melakukan backup data & improvement sistem cluster+fail over. Mengapa harus tengah malam ? Karena sekalian nginep menghemat biaya hotel, hehehe… Harus dilakukan di malam hari karena saat malam, sistem relatif santai dan tidak terlalu terganggu oleh proses setup fail over.

Melakukan pekerjaan hingga jam 4 Shubuh, pukul 09 pagi saya meluncur ke kantor klien lainnya, sebuah perusahaan engineering & konstruksi di jalan Pahlawan Bandung. Disini agendanya improvement dan implementasi cluster+fail over, mirip dengan yang saya lakukan pada klien sebelumnya.

Kembali ke Bekasi pada Minggu malam, saya memutuskan untuk istirahat di hari Senin untuk review dan konsolidasi project. Hari Senin seharian saya bersantai, refreshing dan main games 😀 . Terima kasih untuk rekan-rekan yang mengingatkan saya untuk bisa menjaga kesehatan dan tidak terlalu “mengejar setoran”. Saya sangat mengapresiasi saran yang sangat baik ini.

Hari Selasa dan Rabu saya kembali meluncur ke kantor klien, kali ini ke kawasan Industri MM2100 di Cibitung Bekasi, sebuah perusahaan manufaktur otomotif. Agendanya adalah migrasi sistem mail server dan implementasi sistem PDC (Primary Domain Controller) & File Server. Proses setup berjalan normal sehingga pada hari Rabu saya bisa pulang ke rumah sebelum pukul 15.00 WIB dan bisa bermain sepak bola dengan Zeze Vavai.

Hari Kamis & Jum’at saya kembali break dari project, melakukan konsolidasi dan penyelesaian dokumentasi sistem untuk klien. Hari Sabtu dan Minggu ini saya baru aktif kembali di Excellent dengan memberikan Training mengenai Virtualisasi & Linux High Availability Server di Excellent Training Center.

Sampai dengan saat ini berikut adalah kesimpulan saya sebagai wirausahawan :

  1. Perasaan lebih santai dibandingkan saat bekerja di perusahaan, meski di perusahaan saya punya 10 staff sedangkan sekarang hanya punya 1 staff
  2. Waktu lebih fleksibel. Bisa saja hari libur saya bekerja sedangkan hari kerja biasa saya malah libur
  3. Enjoy menikmati pekerjaan, mungkin karena sesuai hobby dan tidak dibebani tenggat kerja. Ada target sih, tapi target tersebut diset sesuai dengan kebutuhan kita. Pekerjaan sebelumnya juga sesuai hobby, namun waktu saya banyak tersita untuk hal-hal yang bersifat administratif
  4. Kalau kemana-mana bisa memilih waktu yang nyaman. Jalan-jalan seputaran Bekasi jam 9-10 pagi relatif nyaman. Ke Mall jam 2 siang masih santai nggak perlu antri.
  5. Bisa lebih produktif dan kreatif. Karena waktu kerja bebas, saya bisa kapan saja menulis artikel. Saat ini malah punya target membuat buku
  6. Lebih sehat (rasanya), karena saya bisa bepergian kemana-mana naik sepeda, olah raga di pagi hari dan JJS di sore hari
  7. Banyak waktu untuk oprek. Saya bisa leluasa mencoba berbagai hal yang sebelumnya tidak sempat saya coba. Nantinya hasil pembelajaran saya ini saya sharing di blog

Diluar hal diatas tentu masih ada beberapa pengalaman lain yang sifatnya baru bagi saya, namun secara keseluruhan saya menikmati pekerjaan saya saat ini. Saat saya menulis artikel ini, saya baru saja selesai mengantar Zeze Vavai masuk TK untuk pertama kalinya. Waktu saya menemani Zeze Vavai dan Vivian lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Dari sisi pendapatan, Alhamdulillah masih bisa berjalan selaras dengan ekspektasi dan estimasi yang saya perkirakan sejak sebelum resign dari kantor. Untuk pendapatan ini ada kegiatan yang cukup spesial, yaitu menjadi technical advisor bagi sebuah perusahaan system integrator. Jadi saya diminta sebagai konsultan teknis bagi para staffnya dalam melakukan implementasi Zimbra, nantinya saya mendapat semacam “gaji bulanan” dengan nilai yang cukup untuk membeli cendol. Adanya penghasilan tetap diluar penghasilan rutin lainnya ini bisa menjadi buffer bagi keuangan keluarga sehingga saya tidak terlalu terbebani pengeluaran bulanan.

Bagi rekan-rekan yang memiliki niat yang sama, semoga pengalaman ini bisa bermanfaat.

Pin It

8 thoughts on “Review 2 Pekan Fokus Berwirausaha/Freelance/Self-Employment

  1. enaknya bisa kaya mas vavai mudah2 han saya juga bisa cepat2 merealisasikan usaha saya,…aminnn,..:-),..makasih mas vavai setelah baca ini jadi semangat,..:-)

  2. @Andriansah,
    Thanks kalau bisa bermanfaat mas

    @Jacobian, mudah-mudahan bukan meniru yang negatifnya 😀

    @Deddy, saya doakan semoga bisa sukses sesuai rencana mas.

    @Wijaya Kusumah, Thanks OmJay, sukses selalu

    @Rizki, Terima kasih mas, mudah-mudahan bisa bermanfaat

  3. Hehe,, saya baru tau nih om, mantap om yg satu ini,, gigih sekali,, btw saya belum tau usaha pokok yg digeluti, bidang IT sudah pasti kali ya,, share ah nanti 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*