Materi Seminar Teknologi Virtualisasi di Unikom Bandung

Pada hari Sabtu 8 Januari 2011 kemarin, saya meluncur ke Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung untuk memberikan presentasi mengenai “Implementasi Teknologi Virtualisasi & Cloud Computing pada sistem GNU/Linux”

Berangkat dari Bekasi jam 6 pagi, saya sampai di Bandung menjelang jam 8. Langsung meluncur ke Unikom dan disambut oleh panitia penyelenggara di depan Unikom. Tak lama setelah saya sampai di Unikom, datang Medwinz (Muhammad Edwin Zakaria) dan Andi Sugandi, sesama rekan openSUSE Ambassador & member yang menjadi pembicara pada seminar yang sama namun dengan topik yang berbeda. Jika saya membahas mengenai virtualisasi, Andi membahas mengenai Trend Linux Desktop 2011 sedangkan Medwinz membahas materi mengenai implementasi Voip menggunakan sistem Linux.

Total ada sekitar 600 mahasiswa pada acara yang didukung oleh Tabloid PCPlus, Kompas dan harian Pikiran Rakyat ini. Ada 2 sesi dengan materi yang sama, yaitu sesi pagi mulai pukul 09.00 s/d 12.00 WIB dan sesi siang mulai pukul 13:30 s/d pukul 16:30 WIB.

Presentasi kedua dibawakan oleh Andi Sugandi. Ia menjelaskan mengenai mengenai sistem Linux secara general dan perkembangan Linux dari masa ke masa sampai dengan saat ini, termasuk perkiraan trend Linux di tahun 2011. Satu hal yang menarik, Andi memutar sebuah video Youtube tentang iklan yang menarik sekali, yang dibuat menggunakan aplikasi open source. Link dan materi seminar Andi akan saya mintakan ke beliau untuk dipublikasikan.

Presentasi ketiga dibawakan oleh Medwinz. Ia membahas mengenai Voip (Voice Over Internet Protocol) menggunakan Asterisk. Presentasi Medwinz menarik karena ia bercerita mengenai pengalamannya bertahun-tahun baik menjadi konsultan maupun implementor Asterisk menggantikan mesin-mesin PABX. Materi presentasi Medwinz juga akan saya mintakan untuk dipublikasikan.

Selepas seminar, kami bertiga bergabung dengan beberapa teman (mas Sakra, Iyank & Siti Komce ;-) ngopi dulu di kafe “Ngopdul” di daerah Raden Patah dekat kampus Unikom. Pembicaraan berjalan santai dan melebar kemana-mana, baik soal teknologi maupun klenik :-)) . Saya berpisah lebih dulu dengan teman-teman yang lain karena menjelang Maghrib dijemput oleh klien untuk audit & improve sistem.

Terlampir adalah detail materi yang saya sampaikan saat presentasi mengenai implementasi virtualisasi server menggunakan sistem Linux. Saat presentasi saya menggunakan rangkuman materi sedangkan untuk artikel yang didistribusikan ke mahasiswa, saya lampirkan pada link dibawah ini.

Silakan download materi “Seminar Teknologi Virtualisasi di Unikom Bandung”

Pin It

11 thoughts on “Materi Seminar Teknologi Virtualisasi di Unikom Bandung

  1. Pingback: Tweets that mention Materi Seminar Teknologi Virtualisasi di Unikom Bandung | Migrasi Windows Linux -- Topsy.com

  2. mas, vavai mau nanya klo setting ip addres buat mesin virtualisasi gmn?
    contohnya dalam satu server fisik terdapat web server, file server, ftp server, nah gmn cara setting ip address buat masing2 server virtual?apakah di server induknya jadi eth0:1,eth0:2 dst…maksih mas,,,sblmnya

  3. @Deddy,

    Jika menggunakan modus bridge networking, setting IP sebagaimana biasanya mas, jadi masing-masing virtual server bertindak sebagai server terpisah, seolah-olah seperti server fisik baru.

    Contoh :

    IP Virtual host : 192.168.0.1
    IP Virtual Guest : 192.168.0.2

    Antar keduanya bisa berkomunikasi selayaknya 2 komputer fisik, makanya Virtualisasi cocok juga digunakan untuk simulasi networking

  4. Pingback: Seminar oleh openSUSE Member di UNIKOM Bandung | Komunitas openSUSE Indonesia

  5. Pingback: Panduan Implementasi & Presentasi Asterisk : Seminar Unikom 8 Januari 2011 | Migrasi Windows Linux

  6. Pingback: Review 2 Pekan Fokus Berwirausaha/Freelance/Self-Employment | Migrasi Windows Linux

  7. wah udah lama g ngikut seminar tentang Open Source, semoga mas vavai dan teman-teman ada kesempatan dan mau jalan-jalan ke samarinda (kaltim) untuk berbagi pengalaman. pengen banget ngoprek-ngoprek lagi, tapi ilmu pas-pasan dan jarang menggunakan saat ini.

  8. bukanseorangjendral March 12, 2011 at 2:50 am -

    Mas, ulasannya menarik, gimana mas udah dapet materi dari mas andi utk dipublis? penasaran pengen baca mengenai trend linux di tahun 2011. thx mas vavai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>