Laptop HP ProBook 4421s sebagai Komputer Kerja

Terkait dengan fokus saya pada wirausaha, saya membutuhkan komputer yang nyaman untuk dipakai sehari-hari. Kalau penggunaannya sebatas di rumah, komputer yang saat ini saya gunakan sudah cukup memenuhi ekspektasi saya, namun saya membutuhkan komputer yang sifatnya portable. Untuk  keperluan ini, saya memilih Laptop HP ProBook 4421s sebagai komputer kerja. Kebetulan saat kemarin mengundurkan diri ada budget untuk pembelian laptop sehingga saya bisa langsung membelinya hari ini sekaligus menyiapkannya untuk project Excellent di Pangkal Pinang hari Senin, 03 Januari 2011 besok.

Saya lebih memilih Notebook/laptop sebagai komputer kerja diluar Netbook/Ipad atas pertimbangan sederhana, yaitu dari sisi kecepatan. Saya akan banyak menggunakan komputer ini untuk simulasi implementasi sistem, termasuk simulasi virtual server dan aplikasi yang membutuhkan resources cukup besar. Hal ini bisa menjadi kendala cukup besar jika saya memilih Netbook.

Saya membeli Laptop HP ProBook 4421s di Bekasi Cyber Park siang tadi, setelah membandingkannya dengan beberapa pilihan yang tersedia dibeberapa toko. Harganya sekitar Rp. 6.750.000,- sudah termasuk bonus printer HP Deskjet D1660 dan beberapa accessories seperti tas komputer & mouse. Dilihat dari spesifikasi cukup memenuhi apa yang saya inginkan, yaitu :

  • Processor Intel® Core™ i5-540M Processor (2.53 GHz, 3 MB L3 cache)
  • Memory 2 GB (hendak upgrade jadi 8 GB)
  • Harddisk 320 GB
  • DVD RW Light Scribe
  • Webcam
  • ATI Mobility Radeon™ HD 4350 discrete graphics with 512 MB dedicated video memory

Spesifikasi lengkapnya dapat dilihat disini : HP ProBook 4421s Notebook Specification.

Komputer ini hanya diisi dengan FreeDOS, sesuai dengan keinginan saya karena saya akan melakukan instalasi sistem sendiri. Begitu pulang, saya langsung menginstallnya dengan 2 sistem operasi, yaitu openSUSE 11.3 64 bit dan LinuxMint 10 Julia 64 bit. Keduanya berjalan dengan baik. openSUSE secara default disupport via driver yang disediakan oleh pihak HP (original disediakan untuk SLED 11 namun bisa digunakan untuk openSUSE) sedangkan LinuxMint mendeteksi hardware dengan baik. Ada kebutuhan install 3rd party driver, namun dapat secara otomatis dijalankan.

So far, saat ini saya cukup puas dengan performanya. Untuk pertama kalinya saya posting artikel di blog ini menggunakan Laptop HP ProBook 4421s  😀

Jika teman-teman menggunakan Linux dan berniat membeli laptop untuk kerja, laptop ini bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa saya rekomendasikan (note : saya tidak memiliki commercial interest/kepentingan apapun jika merekomendasikannya 😉 ). Bonus yang disediakan yaitu printer HP Deskjet D1660 juga benar-benar bonus yang menyenangkan karena langsung plug & play di Linux tanpa harus menginstall driver apa-apa.

Mudah-mudahan adanya komputer yang nyaman dipakai ini bisa meningkatkan performance kerja saya dan menunjang mobilitas saya sehari-hari.

Pin It

23 thoughts on “Laptop HP ProBook 4421s sebagai Komputer Kerja

  1. wah pak vavai sudah go nasional ya sekarang, oya pak saya oji alumni bansal lo, kwan juga dengan iskandar.
    btw pak vavai ke pangkal pinang ke daerah mana? karena saya kerja di bangka induk (sungailiat, 30 menit dari Pangkal Pinang).

    Sukses pak VAVAi.

  2. maaf mas, numpang nanya, kalau SLED 11 itu opensource yang free atau berbayar ya ? kalau berbayar berapa harganya ? thanks before

  3. waduh.. bikin iri nich mesin perangnya 😀
    jadi pengen ganti…. he.. he…
    cuma kalo saya pake laptop dengan spec diatas malah jadi buat maen game kayaknya 😀 he.. he…

  4. tukang indomie January 6, 2011 at 1:06 pm -

    wahh keren mas… review ini jadi masukan bagus buat saya (mau beli laptop juga). sukses selalu mas

  5. Mas, saya juga pake Probook 4421s. tp krn chasingnya aluminium, jadi agak nyetrum bodinya jika sdg di-charge. adakah solusinya?

  6. @Yusro,
    Mungkin alas yang digunakan mesti dperhatikan mas, soalnya saya nggak problem soal “nyetrum”-nya.

    @Ponsel, mudah-mudahan tidak tunggu lama, apalagi kalau bisnisnya jualan ponsel, mestinya gak perlu mimpi untuk beli laptop ini 😉

  7. nah lo,, ada oji juga, kopdaran ja ji 😉 . Wah harga segitu udah mantep sekarang ya speknya, setahun lebih yg lalu masih belum 🙁 .

    @rakhmadi: chipsetnya memang apa memang apa ya wirelessnya?, klo intel biasanya langsung kedetect, diluar itu mungkin butuh teknis install manual.
    * om google mode on 😉 *

  8. halo mas,saya juga punya hp probook 4421s,mau nanya pengaruhnya(efek) instal os 64 bit di probook 4421s.bukanya probook 4421s 32bit??
    Thx

  9. @Fractal,

    Laptop 4421s ini memang 64 bit kok mas, bahkan menyediakan Intel VT jadi bisa dipakai untuk simulasi Viirtualization 64 bit, jadi tidak ada issue untuk app 64 bit. Saya pakai openSUSE, Ubuntu, Fedora dan LinuxMint semuanya 64 bit.

  10. Pingback: Mengubah Default Tampilan Google Search pada LinuxMint | Migrasi Windows Linux

  11. Pingback: Instalasi ATI VGA Driver pada Linux BlankOn 7 “Pattimura” & Ubuntu 11.04 “Natty Narwhal” | Migrasi Windows Linux

  12. Pingback: Instalasi & Konfigurasi KVM Virtualization pada Red Hat, CentOS, Fedora, Scientific Linux & IGOS Nusantara-Bagian 1 | Migrasi Windows Linux

  13. Pingback: Mengganti Laptop Operasional : HP Probook 4421 dengan ASUS | Bisnis Having Fun

  14. mas punya saya hp probook 4421s intel core i5 M480, VGA ati radeon kira2 vga-nya bisa di upgrade nggak ?, kalo bisa perkiraan bth biaya berapa?

    terima kasih!

  15. Saya fikir Asus itu lebih bagus dari yang ainnya termasuk HP, ya mungkin disesuaikan dengan untuk apa penggunananya. any way thank infonya semoga sukses dengan program dan sistemnya di hP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*