Update Mengenai Server Mirror Hasil Donasi

Sesuai dengan yang saya tuliskan disini : “Donasi untuk Mirror Server Linux & Aplikasi Open Source”, sudah terkumpul biaya sejumlah Rp. 2.350.000,- dari 17 orang donatur. Meski masih kurang dari target Rp. 3.000.000,-, saya memutuskan untuk membelikan server sesuai rencana semula.

Saat ini server yang dimaksud memiliki spesifikasi sebagai berikut :

Processor Pentium 4 Core 2 Duo 7500
Motherboard Gigabyte P43T (64 bit, support Intel VT)
Harddisk 500 GB
Memory DDR 3 2 GB

Pada akhir tahun ini saya berencana menambahkan harddisk sebesar 1 TB dan memory hingga 4 s/d 8 GB. Memory saya tingkatkan mengingat nantinya server ini juga akan saya jadikan media simulasi jika ada kopdar di Komunitas, baik Komunitas Zimbra Indonesia, openSUSE Indonesia, KPLI Bekasi maupun komunitas lainnya yang ingin melakukan testing aplikasi tertentu secara online.

Hari Jum’at kemarin server sudah diangkut dan ditempatkan di ISP milik salah satu pengusaha ISP yang pernah mengikuti training di Excellent.

Saat ini saya sedang melakukan sinkronisasi beberapa data yang selama ini saya simpan di http://download.vavai.com. Setelah proses ini selesai, selanjutnya adalah membuat beberapa virtual host untuk mirror tertentu dan menambahkan file ISO dan repository sistem. Sambil menanti kelengkapan isi dan perapihan tampilan, isi mirror bisa diakses pada alamat http://server.vavai.com. Isinya memang baru berupa kloning dari http://download.vavai.com, namun secara bertahap akan dilengkapi, sambil menanti tambahan harddisk.

Harddisk 1.5 TB belum bisa menampung sedemikian banyak data iso dan repo, karenanya saya akan memilah dan memilih beberapa iso dan repo yang selama ini banyak digunakan di Indonesia, ditambah dengan beberapa request tertentu.

Jika ada teman-teman yang membuat paket remastering dan ingin agar file hasil remasteringnya bisa mudah didownload oleh banyak orang, silakan kabari saya melalui halaman kontak saya. Jika file remastering tersebut sudah ada di internet malah lebih bagus, karena bisa langsung saya salin ke server mirror hasil donasi ini.

Buat teman-teman yang memberikan donasi, saya akan segera mengirimkan bundel modul training di Excellent sesuai dengan janji saya pada tulisan saya sebelumnya. Mohon maaf agak terlambat karena saya merapikan isinya terlebih dahulu. Terima kasih buat para donatur maupun buat rekan-rekan yang telah mendukung niat saya membuat server mirror Linux dan aplikasi open source ini. Semoga saya bisa berkomitmen untuk menjaga kepercayaan dan amanah yang telah diberikan.

Catatan : Andaikan ada yang masih bersedia menjadi donatur, donasi tetap dibuka hingga tanggal 31 Desember 2010 pukul 23.59 😉 . Uang donasi tambahan (seandainya ada) akan digunakan untuk menambah kapasitas harddisk.

Pin It

2 thoughts on “Update Mengenai Server Mirror Hasil Donasi

  1. Pingback: Respon untuk Donasi Server Mirror Komunitas : Luar Biasa ! | Migrasi Windows Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*