Kunjungan ke Semarang : Project Zimbra Mail Server

Masjid Agung Jawa Tengah-Semarang

Jika tidak ada halangan (dan semoga tidak ada 🙂 ), besok saya rencananya meluncur ke Semarang untuk sebuah project implementasi (tepatnya upgrade) sistem Zimbra Mail Server.

Salah satu klien awal Excellent di Semarang adalah perusahaan PMA Jepang yang akan saya datangi besok. Implementasinya dulu dilakukan menggunakan Zimbra 5.x.x yang dijalankan di mesin VMWare Server berbasis Debian. Upgrade yang dilakukan bersifat major, karena melakukan upgrade dari versi 5.x.x ke versi 6.x.x sekaligus mengganti mesin server dan memindahkan model virtualisasi dari VMWare menjadi Proxmox Virtual Environment (Proxmox VE).

Untuk keperluan ini saya akan menggunakan Proxmox VE versi 1.7 sebagai main server, sedangkan Zimbra Mail Server akan dijalankan menggunakan Zimbra Appliance berbasis SUSE Linux Enterprise Server (SLES) 11 SP1 64 bit yang dibangun menggunakan SUSE Studio. Zimbra Appliance ini saya gunakan karena bisa menghemat waktu untuk deployment sehingga waktu saya di Semarang bisa dioptimalkan untuk proses migrasi mailbox dan keperluan lainnya.

Meski hari Senin tanggal 6 Desember 2010 adalah hari kejepit nasional (hari Selasa libur 1 Muharam 1432 H), saya berencana pulang pada Minggu sore kecuali ada perubahan atau penambahan agenda lain, mengingat ada beberapa rekan yang pernah bertanya via email apakah saya bisa memberikan sesi khusus pelatihan open source di Semarang.

Anyway, mudah-mudahan agenda besok bisa berjalan lancar dan bandara tidak terlalu crowded meski akhir pekan besok termasuk long week end.

Jika ada yang bisa saya jumpai di Semarang, silakan sapa saya melalui email atau FB atau Twitter. Sampai bertemu di Semarang.

Pin It

2 thoughts on “Kunjungan ke Semarang : Project Zimbra Mail Server

  1. enggak kecepatan nih mas vavai mau pakai yang 1.7 ? soalnya baru release 1 minggu. takutnya ada bug,
    kenapa enggak pakai yang 1.6 aja dulu .. entar kalau pas mau upgrade juga bisa kan … ?

  2. Pingback: Kunjungan Project Sistem di Semarang | Migrasi Windows Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*