Social Media dan Dunia Nyata…

Link kartun : http://www.geekculture.com/joyoftech/joyarchives/1413.html.

Kemarin saya mendapat kiriman link artikel dari mas Amril TG via milis Blogger Bekasi. Isinya ternyata artikel di blog-nya E.S Ito, sosok yang sama yang membuat buku “Rahasia Meede”.

Judul artikelnya singkat : “Mama Tweeps”, namun isinya sangat menggugah. Jika membacanya secara cermat, artikel ini mungkin mencerminkan kerisauan E.S Ito (hehehe…) namun isinya bisa diterapkan pada semua suami yang isterinya terlibat sedemikian jauh dengan dunia social media. Mungkin ada sindiran, mungkin juga ada teguran halus namun saya melihat konteks artikelnya bisa diterapkan pada setiap orang, bukan hanya seorang “mama” melainkan juga pada pasangannya sendiri. Pada hakikatnya, artikel E.S Ito bisa menjadi cermin dan insight apakah kita masih berpijak di alam real saat terlibat di dunia social media.

Pak Nukman sudah pernah menuliskan hal sejenis pada medio Agustus 2010, dalam artikel : “Isteri Ayah Blackberry ya ?”. Kartun diataspun saya ketahui dari blognya pak Nukman. Tulisan pak Nukman bisa menjadi gambaran keseharian kita di era digital seperti sekarang.

Satu hal yang jelas, kedua artikel diatas bukanlah suatu vonis apa yang kita lakukan benar atau salah melainkan bisa dijadikan sebagai media bercermin, mungkin ada beberapa kondisi dimana kita menjadi lupa pada lingkup dunia nyata saat berurusan dengan social media. Sama seperti semua alat yang bisa digunakan untuk hal yang negatif maupun positif, social media bisa menjadi media yang sama, tinggal bagaimana kita mampu menyikapinya dengan baik.

Dengan segala hormat pada sosok yang neneknya ada digambar diatas 🙂

Pin It

2 thoughts on “Social Media dan Dunia Nyata…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*