Rilis Zimbra Appliance Versi 11.1.6

Setelah sempat beberapa lama vakum, saya melakukan update Zimbra Appliance yang sudah sejak beberapa lama saya build menggunakan SUSE Studio. Kali ini Saya mengupdate-nya ke versi 11.1.6 yang memuat openSUSE 32 bit dan Zimbra Mail Server versi 5.0.24 32 bit.

Apa itu Zimbra Appliance ?

Zimbra Appliance adalah suatu bundel sistem operasi berbasis openSUSE/SLES yang sudah dioptimasi dan didedikasikan untuk menjalankan sistem Zimbra Mail Server & Collaboration Suite. Zimbra Appliance versi 11.1.6 sudah menyertakan basis openSUSE versi JeOS, Zimbra versi 5.0.24, Improvement anti spam dan fasilitas untuk Fail Over & High Availability (network RAID) menggunakan DRBD dan Heartbeat.

TENTANG ZIMBRA
Zimbra adalah aplikasi mail server dan collaboration suite open source yang menjadi pesaing utama Microsoft Exchange Server. Sebagai aplikasi open source yang tersedia versi komersilnya dengan sedikit perbedaan feature dan dukungan support, Zimbra bisa menjadi pilihan tepat bagi rekan-­rekan yang hendak melakukan implementasi atau migrasi Mail Server diatas sistem operasi Linux.

Zimbra Appliance sendiri terdiri dari 4 versi, yaitu versi iso, VMWare/VirtualBox/KVM, LiveUSB, dan versi Xen Hypervisor (saat ini saya baru mengupload 2 versi yaitu versi ISO dan versi VMDK untuk Virtualisasi). Saya biasanya menggunakan Zimbra Appliance versi iso untuk praktek pada saat training dan Zimbra Appliance versi VMWare/VirtualBox pada saat memberikan simulasi di laptop. Versi LiveUSB saya gunakan untuk kemudahan deployment di klien. Versi Xen Hypervisor digunakan sebagai appliance guest pada virtualisasi berbasis Xen.

Zimbra Appliance ini sudah proof-test baik menggunakan versi ISO maupu menggunakan virtualisasi sehingga jika tidak ada sesuatu yang luar biasa, semestinya tidak ada masalah berarti pada Zimbra Appliance versi ini.

Bagi rekan-rekan yang ingin mencoba, silakan download pada link berikut ini : http://download.vavai.com/susestudio/32bit/ .

Bagaimana Cara Menggunakan Zimbra Appliance ?

  1. Jika anda menggunakan versi Xen Hypervisor, silakan merujuk pada posting ini : Implementasi Zimbra Appliance pada Xen Hypervisor Guest
  2. Jika anda menggunakan versi VirtualBox/VMWare, silakan mengikuti panduan berikut ini : Panduan Instalasi Zimbra Appliance
  3. Jika anda menggunakan versi iso (livecd), silakan ikuti panduan dibawah ini :

INSTALASI ZIMBRA APPLIANCE MELALUI FILE ISO
Instalasi Zimbra Appliance melalui file ISO pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan instalasi menggunakan VirtualBox atau VMWare. Perbedaannya adalah bahwa instalasi melalui file ISO dilakukan dengan menjalankan CD Live Installer (file iso Zimbra Appliance merupakan ISO Live Installer) tapi dalam modus teks.

Setelah Live Installer dijalankan, lakukan langkah sebagai berikut :

  1. Login dengan user root dan password = opensuse
  2. Disable semua repo dengan perintah :
    <br />
    zypper mr -da<br />
    
  3. Ketik yast
  4. Pilih Menu Miscelanneous | Live Installer
  5. Ikuti wizard yang diberikan. Jika ada pesan soal lisensi, abaikan saja karena Zimbra Appliance dilisensikan secara free
  6. Setelah selesai instalasi, lakukan restart dan ikuti Panduan Instalasi Zimbra Appliance

Jika ada kesulitan dalam penggunaan Zimbra Appliance, silakan share pada halaman komentar atau melalui mailing list Komunitas Zimbra Indonesia.

Pin It

3 thoughts on “Rilis Zimbra Appliance Versi 11.1.6

  1. siang mas vavai,,
    mau tanya,untuk link download zimbra appliance versi 11.1.6
    ko error yah ?

    terima kasih

  2. Kok saya tidak bisa ke browse datastorenya yah..?
    Minta username & Password, saya mau download zimbra appliance nya 🙂

    Regards,
    Edward

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*