Mengubah Memory Xen Virtualization Guest (DomU)

Catatan : Ilustrasi gambar diambil dari sini

Pada saat melakukan setting sistem berbasis Xen Virtualization, adakalanya server yang digunakan memiliki kapasitas memory terbatas dan rencananya baru akan diupgrade setelah Xen disetup secara tuntas. Contoh kasus, server yang digunakan hanya memiliki memory sebesar 4 GB dan rencananya akan diupgrade menjadi 16 GB setelah memory tersedia.

Saat instalasi, Xen Virtualization Host (Server Induk atau Dom0) disetup menggunakan memory 2 GB dan sisanya digunakan untuk Xen Virtualization Guest (DomU).

Bagaimana memerintahkan Xen agar mengalokasikan memory yang lebih besar untuk DomU jika kita sudah mengupgrade memory secara fisik ? Untuk melakukan setting memory ini, kita bisa menggunakan perintah xm  atau perintah virsh jika menggunakan engine libvirt. Pada SUSE Linux Enterprise Server 11 atau openSUSE, bisa juga menggunakan menu YAST | Virtualization | Virtual Machine Manager namun perintah ini membutuhkan tampilan grafis dan kurang fleksibel digunakan secara remote.

Jika menggunakan perintah xm, caranya relatif singkat : pertama check ID dari Xen Virtualization Guest yang sedang berjalan menggunakan perintah xm list :

# xm list
Name                                        ID   Mem VCPUs      State   Time(s)
Domain-0                                     0  14336     8     r-----   7991.1
zimbra                                         3    2048     4     -b----   8152.8

Dari data diatas terlihat bahwa ada Xen Virtualization Guest yang berjalan dengan nama Zimbra dengan ID=3 menggunakan memory sebesar 2 GB (2048 MB). Saya akan mengupdatenya menjadi 12 GB dengan perintah xm mem-max dan xm mem-set. xm mem-max untuk mengalokasikan jumlah maksimum memory yang bisa digunakan oleh guest tersebut sedangkan xm mem-set untuk mengalokasikannya saat ini juga.

xm mem-max 3 12288
xm mem-set  3 12288

Selain menggunakan perintah xm, alokasi juga bisa dilakukan menggunakan perintah virsh dengan syarat kita menggunakan libvirt untuk manajemen Xen. Xen pada SUSE Linux Enterprise Server 11 dan openSUSE secara default sudah secara otomatis menyertakan libvirt sehingga saya bisa dengan mudah menggunakan virsh untuk setting memory Xen sebagai berikut :

#virsh
virsh # dominfo 3
Id:                3
Name:           zimbra
UUID:            3b736847-17f9-ba42-f5a6-3aa03f7cfc93
OS Type:       linux
State:           idle
CPU(s):         4
CPU time:      8190.0s
Max memory:  2097152 kB
Used memory: 2097152 kB
Autostart:      enable

virsh # setmem 0 12582912

Perbedaan utama penggunakan set memory pada xm dan virsh adalah pada hitungan jumlah memory. xm menggunakan satuan MB sedangkan virsh menggunakan satuan kB.

Pin It

5 thoughts on “Mengubah Memory Xen Virtualization Guest (DomU)

  1. Om Masim, saat melakukan set menambahan memory (DomU) , apakah DomU dalam keadaan destroy/shutdown atau bisa dilakukan walaupun DomU dalam keadaan hidup?

  2. ohh,, bisa juga. Klo disitu (xen opensuse) file imagenya ditaruh dimana ya?, mungkin bisa ditentukan sendiri kali ya,, yg pernah ogut temuin di /etc/xen (distro lain tapi).

  3. hihi,, gak penting banget ya pertanyaan ogut :p , tapi gpp lah, nice info juga klo suatu saat mencobanya diopensuse, karena yg pernah ogut temuin DomU perlu dalam keadaan destroy/shutdown trus edit file imagenya sesuai ram yg dibutuhkan lalu jalankan mem-max n mem-set setelah itu hidupkan DomUnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*