Konfigurasi Hardware RAID pada Server IBM x3650 M3 Menggunakan LSI MegaRAID WebBIOS

Hari Sabtu akhir pekan kemarin, saya bersama team Excellent berkunjung ke salah satu instansi pemerintah di daerah Jakarta Selatan untuk keperluan implementasi sistem. Berangkat dari Bekasi sekitar pukul 08.00 WIB, kami sampai di lokasi 1 jam kemudian.

Setelah say hello dengan IT admin yang menangani sistem jaringan dan data di kementerian tersebut, saya mulai melakukan setup sistem. Server yang digunakan adalah server IBM X Series x3650 M3 dengan memory sebesar 16 GB dan harddisk 8X300 GB. Ada 2 buah server dengan spesifikasi sama persis karena keduanya akan dijadikan mesin fail over. Nantinya server ini akan menangani email dengan jumlah account sebanyak lk 5000 user.

Konfigurasi RAID pada server ini menggunakan LSI MegaRAID sehingga saya masuk ke BIOS dan mengubah bios booting dari pilihan quite=enable menjadi quite=disable. Pilihan ini saya aktifkan agar pesan yang muncul selama booting bisa tampil secara penuh.

Berbeda dengan konfigurasi server IBM versi M2 atau versi lain yang bisa dikonfigurasi melalui BIOS atau dengan menekan tombol CTRL+I, server ini menggunakan LSI MegaRAID WebBIOS Confguration Utility karena harddisknya menggunakan LSI RAID controller.

Akses ke MegaRAID WebBIOS Confguration Utility dilakukan dengan menekan tombol CTRL+H yang muncul saat proses booting. Contoh tampilannya seperti berikut ini :

Yang membingungkan, saya sempat beberapa kali gagal melakukan konfigurasi RAID karena harddisknya tidak ditemukan, meski secara fisik maupun saat scan harddisknya terdeteksi dengan baik. Setelah lihat-lihat spesifikasi yang tampil diawal setting, ternyata harddisknya dikenali sebagai JBOD (Just a Bunch of Disk) yang secara default diset jika harddisk belum diset sebagai RAID. Saya harus memformat atau mengubahnya menjadi “Unconfigured Good” supaya bisa dijadikan sebagai sederetan harddisk dalam format ARRAY RAID.

Setelah diset sebagai “unconfigured  good”, saya bisa menggunakan menu Configuration Wizard dan memilih opsi manual untuk melakukan setting RAID-1. Hal ini dilakukan karena jika menggunakan modus setup otomatis plus redundancy, masing-masing harddisk akan dijadikan RAID 1 sehingga dari total 8 harddisk akan terbentuk 4 virtual disk padahal yang diinginkan adalah dari 8 harddisk, 4 harddisk digabungkan menjadi 1 virtual disk RAID-1.

Saya sengaja tidak memilih opsi RAID-5 mengingat kurang cocok digunakan jika trafik mail server tinggi dan juga tipe ini tidak direkomendasikan untuk Zimbra. Pada RAID-5, proses read data memang tidak berubah kecepatannya namun akan terasa delay jika ada proses write karena proses write pada RAID 5 akan mengecek parity check terlebih dahulu  untuk memastikan integritas data.

Setelah RAID hardware di setup, proses instalasi bisa dilanjutkan dengan instalasi SUSE Linux Enterprise Server 11 SP1 dan dilanjutkan dengan konfigurasi sistem mail server. Berbeda dengan pengalaman seorang rekan yang harus melakukan update dan kompilasi kernel menggunakan Ubuntu 10.04 pada mesin yang sama, saya tidak perlu melakukannya karena SLES 11 SP1 64 bit berjalan dengan mulus dan mendeteksi hardware dengan baik. Mungkin hal ini karena SUSE Linux Enterprise Server merupakan sistem operasi yang disertifikasi untuk server-server sejenis seperti halnya Red Hat Enterprise Linux.

Proses konfigurasi dan setup termasuk testing pengiriman dan penerimaan email serta improvement anti spam dan anti virus tuntas dilakukan pada pukul 14.00 WIB dan menjelang pukul 15.00 WIB saya bersama team dapat meluncur kembali ke Bekasi.

Pin It

46 thoughts on “Konfigurasi Hardware RAID pada Server IBM x3650 M3 Menggunakan LSI MegaRAID WebBIOS

  1. O/S SUSE Linux Enterprise Server 11 SP1, apakah bayar atau free??
    trus untuk biaya install+support zimbra berapa yah? zimbranya Opensource kan?

    thq
    1smail

  2. mas itu mbaca manual tentang konfigurasi RAID nya dimana, kebetulan di kantor client saya ada server tersebut tapi serrver guide cd ilang ,thanks

  3. Salam kenal, rada bingung nih(newbe), kenapa yang digunakan raid 1, apa memang direncananya untuk sekalian backup data ( 1/2 kapasitas hd untuk fasilitas mirroring), setahu saya raid 3 itu aman,murah dan cepat, mohon pencerahannya ;-),thanks abiz
    salam
    fauzi

  4. ketika pada menu configuration wizard dan memilih opsi manual, yang saya temukan tipe raidnya adalah raid 1 dan raid 0. sedang saya ingin konfigurasi dengan raid 5 tapi gak ada. ada yang mau share pengalaman ?

  5. Server IBM x3650 di kantor saya lagi rusak. Harddisk SCSI 2 buah menggunakan RAID 0. Apakah dimungkinkan untuk memindahkan HDD tersebut ke Server IBM x3650 lainnya tanpa kehilangan data di dalamnya? Adakah tutorial (link) bagaimana cara melakukan proses tersebut?

  6. @Chris,

    Saya belum pernah coba kalau untuk RAID-0. Kalau RAID-1 sih pernah coba dan tidak ada masalah.

    Kalau RAID-0 agak riskan, kalaupun hendak dicoba, urutan pemasangan harddisknya jangan sampai terbalik.

  7. mas mau nanya spesifikasi hardware untuk account 5000 user dg quota 10GB, kemudian jika menggunakan RAID-1 bagaimana mempartisinya yang terbaik dilakukan?

  8. @Bambang,

    Quota 10 GB per user atau per apa??

    Untuk format partisi, tergantung aplikasi yg dijalankan. Misalnya untuk file server, partisi /home yang besar. Kalau Zimbra, partisi /opt yang besar. Kalau database MySQL, partisi /var yang besar.

  9. Dear Mas Vavai,

    Mau tanya nih, saya di kantor sedangan mingrasi dari server Balde HS20 32 Bit ke Server X 3650 M3, kita menggunakan windows server 2003 standard, kita Backup System Lama menggunakan symantec Exec Backup System Recovery 2010, Server X 3650 M3 sudah kita kita Raid menjadi Raid 5, ketika akan restore dengan symantec BASR 2010 terjadi kendala Hardisk local tidak di ketemukan, apakah yang harus dilakukan apakah harus ada yang di ubah di bios terima kasih.

  10. @Zainal,

    Coba ditest menggunakan salah satu distro Linux, apakah partisi/harddisknya terdeteksi atau tidak. Sebaiknya gunakan SLES (SUSE Linux Enterprise Server) untuk mengetesnya karena saya proof pernah pakai dan SLES mampu mendeteksi MegaSAS RAID yang dipakai di IBM x3650 M3 dengan baik.

    Jika tidak terdeteksi, kemungkinan ada problem di konfigurasi RAID. Jika terdeteksi di SLES, berarti Symantec tidak mengenali MegaSAS RAID.

    Sebenarnya ada cara yg lebih mudah untuk migrasi dalam case mas Zainal. Mas install VMWare vSphere di x3650 M3 kemudian migrate secara online menggunakan VMWare Converter.

    http://www.excellent.co.id/product-services/vmware/tips-memindahkan-mesin-fisik-ke-virtual-machine-p2v-menggunakan-vmware-converter-bagian-2/

  11. Mas, kebetulan saya punya pengalaman yang sama dengan Riki, pada menu manual tidak ada opsi raid 5, cuma ada raid 0 dan raid 1. saya menggunakan ibm server x5650. di server ada 3 hardisk mas. Menurut mas vivai, apa ya ini masalahnya dan solusinya seperti apa?

  12. @Angga,

    Waktu terakhir pengalaman di IBM x3650 M3, untuk memunculkan RAID-5 dan RAID-10, proses konfigurasi diawalnya mesti diset mas. Seingat saya waktu pakai RAID-10, saya bikin arrary 2X, jadi pada pilihan pertama memilih 2 harddisk, bukan semua harddisk.

  13. @vavai, saya punya server ibm system 3850. jadi mau di format, ketika dilakukan melalui raid harddisk berhasil dengan menggunakan serveraid 8i controller bawaan IBM. saya melakukan array raid 5 dengan 5 harddisk. trus pada saat dilakukan install OS nya malahan hardisk nya gak dikenal. solusinya gmana ya gan? mohon bantuan nya gan

  14. @vavai, saya punya server ibm system 3850. jadi mau di format, ketika dilakukan melalui raid harddisk berhasil dengan menggunakan serveraid 8i controller bawaan IBM. saya melakukan array raid 5 dengan 5 harddisk. trus pada saat dilakukan install OS nya malahan hardisk nya gak dikenal. solusinya gmana ya gan? selanjutnya gmana melihat status harddisk itu? apakah status harddisk itu Unconfigured Bad, JBOD atau good. mohon bantuan nya gan?

  15. Maaf ikutan gan…butuh pencerahan saya pemula…belum pernah install server, mau tanya gan….dikantor saya ada server IBM system X3620 M3, cuma pas mau instalas windows server 2008 R2 dia ga ngebaca harddisknya…ga seperti PC biasa mungkin harus load driver manual…cm gmn dapetinnya. mohon bantuan pencerahan ilmunya, saya pemula banget tentang server….makasih sebelumnya.

  16. mau tanya nih suhu,sayakan lg belajar install windows server 2008 enterprise ke komputer server ibm tapi kenapa ya saat sampe di custom hardisk kok hardisk sama sekali gk ke detect 1pun,saya pakai 3 hardisk nah salah 1nya sudah terinstall win server 2003 dan saya coba booting masuk normal tapi sebaliknya saya mau install itu tadi hardisk gk ada yg ke detect sama sekali.mohon pencerahannya suhu.tks sebelumnya

  17. Mas, mau tanya dong, saya pakai IBM X3300M4 lalu saya instal windows server 2008 r2 std, instal pakai IBM ServerGuide, trs pakai default config pada saat instalasi.
    HDD 2x500GB tapi setelah instalasi selesai HDD yang terbaca hanya 1 saja, setelah dilihat di bios config RAID adalah RAID 1.
    Kenapa ya mas? Mohon pencerahannya mas.

    Thx sebelumnya.

  18. Mas, mohon bantuan nya. dikantor saya pakai server dengan raid 1, Hardisk terpasang 2 unit. ceritanya salahsatu hardik rusak. kemudian saya ganti dengan unit yang baru(hotswap) dengan spesifikasi yang sama. Tapi setelah saya pasang, server masih belum deteksi HDD yang baru. Muncul lampu warning di unit server nya, masalahnya kenapa ya mas ?

  19. Sorry mas numpang nanya lg,kalo windows sudah selesai instal trus LAN nya ndak berfungsi,Gmn ngatasinnya mas
    Untuk Server IBM x3300 M4 saya pake Win Server 2008 Standar
    Terima kasih

  20. Om Vavai, mau tanya, saat ini sy punya server IBM X3650 hardisk 2x146GB di configure jadi RAID 1, jika saya mau menambah 2 hardisk lagi 146GB, apakah masih bisa di configure menjadi RAID 1 atau harus RAID 10? dan utk proses penambahan tsb akan menghapus data yang ada? Terima kasih.

  21. Ada yang pernah punya pengalaman, menambah hardisk baru di RAID 1 kemudian diubah menjadi RAID 10 apakah akan menghapus data yang lama? Terima kasih.

  22. mas @vivai, kantor saya punya server x3650 M2 ada 3X500Gb, yg kebaca hanya dua, raid berapa yg dipake kira2? trus saya mau ganti hdd nya 500gb ke 1 Tera, apa yg harus saya lakukan?

  23. Vavai say mau tanya nih kebetulan mau setting IBM x3530 M4 tapi ga bisa masuk web Bios Megaraid LSI nya..
    sudah sesuai petunjuk masuk ke bios lewat F1– System setting–Adapter and UEFI Drivers–kemudian Pilih -Pciroot..
    tetp ga mau masuk web bios nya

  24. halo mas vavai, maaf mengganggu. saya ingin bertanya bagaimana ya cara setup ibm system x3650 m3 ini jika penyakitnya sbb :
    1. tidak mau booting dari cd/dvdrom
    2. tidak mau booting dari usb flash disk atau external usb cd/dvdrom
    3. bios tidak mau di reset

    mohon sedikit penjelasan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*