Solved : Zimbra 6.0.7 tidak Otomatis Start pada SLES 11 SP1

Hari Sabtu, 21 Agustus 2010 akhir pekan kemarin, sesuai agenda, saya berkunjung ke salah satu kantor klien di daerah Jakarta Kota, dekat pelabuhan Sunda Kelapa. Klien adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan mesin dan aksesoris kapal. Implementasi yang dilakukan adalah implementasi sistem Zimbra Mail Server.

Untuk kebutuhan klien ini saya menyiapkan DVD SUSE Linux Enterprise Server 11 64 bit SP1 dan Zimbra Mail Server 6.0.7 64 bit. Sistem Zimbra akan dipasang didalam Virtual Appliance menggunakan Xen Hypervisor.

Proses instalasi berjalan lancar tanpa masalah, demikian halnya dengan proses setup dan konfigurasi sistem. Masalah terjadi saat sistem selesai dikonfigurasi dan ditest restart. Ternyata service Zimbra tidak secara otomatis berjalan setelah restart. Menjalankan service Zimbra secara manual memang berjalan sukses, namun tentu bukan pilihan yang baik untuk production server.

Saya mengamati lebih jauh, ternyata service Zimbra dijalankan oleh SLES namun service LDAP Zimbra gagal melakukan bind ke IP address Zimbra. Kegagalan ini disebabkan karena service Zimbra berjalan sebelum service network dijalankan.

Masalah ini agak aneh karena saya tidak pernah mengalami hal yang sama sebelumnya, meski sempat juga salah satu alumni training di Excellent menginformasikan hal yang sama saat ia mencoba Zimbra 6.0.7 pada SLES 11 SP1.

Setelah mengirimkan posting ke milis openSUSE (meski dengan tata bahasa demikian adanya 😛 )dan mendapat beberapa clue untuk workaroundnya, akhirnya masalah service Zimbra yang tidak berjalan pada saat booting bisa selesai. Berikut adalah solusinya :

  1. Lakukan modifikasi file /etc/init.d/zimbra, tambahkan baris berikut pada bagian atas file  (dibawah bagian komentar)
    ### BEGIN INIT INFO
    # Provides:       zimbra
    # Required-Start: $network $remote_fs $syslog $time nscd cron
    # Required-Stop:  $network $remote_fs $syslog $time
    # Default-Start:  3 5
    # Description:    Zimbra mail service
    ### END INIT INFO
    
  2. Update service Zimbra
    insserv zimbra
    chkconfig zimbra on
    
  3. Test dengan melakukan restart server Zimbra

Tambahan diatas sebenarnya berfungsi sebagai perintah bagi  Zimbra untuk berjalan setelah fungsi service network, remote_fs, syslog, time, nscd dan cron dijalankan.

Update tambahan ini akan otomatis disertakan pada Zimbra 6.0.8, sesuai informasi pada Zimbra bugzilla.

Pin It

5 thoughts on “Solved : Zimbra 6.0.7 tidak Otomatis Start pada SLES 11 SP1

  1. openSUSE memang tidak mengenal rc.local seperti fedora atau centos. Tapi kalau merestart paling akhir bisa menggunakan file /etc/init.d/after.local yang fungsinya sama dengan rc.local. Dimana service akan dipanggil paling akhir di runlevel 5

    Kalau tidak ingin dipanggil terakhir harus membuat sendiri file service di /etc/init.d dengan patokan bisa dari file /etc/init.d/skeleton.

    Lebih jauh man init..d dan man insserv. Bagian terpenting adalah diantara
    ### BEGIN INIT INFO sampai dengan ### END INIT INFO
    karena di situ ditetapkan service yg dibutuhkan sebelum service direstart.

  2. “Sistem Zimbra akan dipasang didalam Virtual Appliance menggunakan Xen Hypervisor.”

    Saya lihat demennya pakai appliance mode. Gak minat jualan mail server appliance yang murah meriah pakai Atom based yang fanless, hard disk 3.5 inch, tapi config file dipasang di CF card?

    Cucok banget buat SOHO 🙂

  3. @Medwinz,

    Trims untuk penjelasannya mas. Saya juga merefer reply mas Medwinz pada salah satu thread di milis openSUSE Indonesia.

    @Dedhi,
    Ya, saya sedang menuju ke arah sana, untuk sementara ini yang sedang disiapkan adalah custom appliance yang bisa digenerate untuk mass market dengan sedikit perubahan saja.

  4. Mas vavai. Untuk SOHO dengan user d bawah 500. Butuh speck hardware seperti apa yah?

    Apakah dgn speedy 3mb sy sdh bs handle email server sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*