Catatan Instalasi Fedora 13 pada Acer 4740G

Salah satu distro linux favorit dari keluarga Red Hat yang pernah saya coba adalah Fedora. Waktu itu pertama kali saya mencoba Fedora Core 4, lumayan bertahan agak lama sebelum akhirnya pindah ke keluarga Debian dan openSUSE. Setelah beberapa lama kangen juga rasanya menjajal Fedora yang sekarang sudah sampai rilis 13 dengan kode nama Goddard.

Logo Fedora

Beberapa fitur yang diperbarui pada rilis Fedora 13 adalah:

  • Kernel 2.6.33.3-85.
  • Lingkungan desktop Gnome versi 2.30, OpenOffice.Org versi 3, dan mozilla firefox 3.6.3.
  • Instalasi driver printer secara otomatis, jika kita memasang printer maka secara otomatis Fedora akan menawarkan untuk menginstal drivernya secara otomatis jika diperlukan.
  • Perbaruan Aplikasi desktop, diantaranya aplikasi Shotwell untuk photo manager yang menggantikan Gthumb dan F-Spot, aplikasi Deja-dup untuk backup software, Pino Identi.ca/Twitter client aplikasi untuk microblogging, dan Simple Scan aplikasi untuk scan.
  • Peningkatan Network Manager termasuk dukungan yang lebih baik terhadap Mobile Broadband, Bluetooth, dan kemampuan command line baru.
  • Dukungan 3D untuk kartu grafis ATI (R600 dan R700) melalui driver Radeon. Pada Fedora 13, dukungan 3D terhadap kartu graphis ATI telah berubah status dari yag tadinya experimental sekarang sudah aktif secara default. Sementara dukungan 2D untuk generasi terakhir (R800) sudah terintegrasi dengan baik.
  • Penambahan Dukungan 3D yang masih bersifat eksperimental melalui driver Nouveau untuk kartu grafis NVidia. Untuk mencobanya cukup menginstal paket mesa-dri-drivers-experimental.

Kebetulan pada harddisk notebook Acer 4740G masih ada ruang kosong kurang lebih 60 GB) dan akhirnya saya putuskan untuk diinstalkan Fedora 13. Langkah pertama tentunya harus mempunyai CD/DVD installer Fedora. Untuk mendapatkan CD/DVD Fedora bisa download dari beberapa link di bawah ini:

Karena Acer 4740G ini adalah komputer dengan arsitektur 64 bit, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan DVD installer Fedora 13 x86_64.

Proses Instalasi
Selama proses instalasi berjalan lancar, tidak ada satu masalah apapun. Saya hanya sedikit “pangling” dengan tampilan instalasinya, rupanya banyak perbedaan dengan tampilan instalasi pada rilis sebelumnya.

Dukungan Hardware
Semua hardware pada Acer 4740G oleh Fedora 13 ternyata terdeteksi dengan baik. Mulai dari Wireless network Adapter Atheros AR928X, Ethernet Broadcom Corp. NetLink BCM57780 Gigabit, touchpad, webcam dan VGA nVIDIA GeForce 310M semuanya OK. Begitu juga setelah selesai instalasi semuanya langsung bisa digunakan. Yang sedikit mengganggu hanya VGA GeForce yang belum optimal, belum bisa support 3D karena drivernya belum terinstal.

Waktu
Waktu yang dibutuhkan selama proses instalasi ternyata tidak terlalu lama, kurang lebih 30 menit instalasi sudah selesai.

Hasil Instalasi
Seperti halnya distro besar lain yang hanya menyertakan aplikasi berlisensi GPL,  Fedora 13 belum menyertakan beberapa aplikasi seperti plugin flash player, codec multimedia, tambahan aplikasi Sound & Video (vlc, audacious, audacity dan kino) dan berbagai aplikasi lainnya yang free namun non open source. Hasil instalasi Fedora 13 pada Acer 4740G tampak terlihat pada gambar di bawah ini.

Fedora 13 “Goddard” yang dirilis pada tanggal 25 Mei 2010 ini merupakan siklus rilis 6 bulanan, seperti halnya Ubuntu.namun sedikit berbeda dengan openSUSE yang menganut sistem rilis 8 bulan. Fedora juga terkenal sebagai distro bleeding edge yang banyak menyertakan inovasi terbaru baik saat proses instalasi maupun untuk aplikasi-aplikasi yang dikemas.  Beberapa feature yang disertakan pada rilis kali ini antara lain proses instalasi yang lebih terintegrasi dan singkat,  otomatisasi instalasi driver printer, perbaikan NetworkManager, perbaikan dan integrasi fungsi-fungsi untuk  iPod, perbaikanTotem (video player) streaming dan buffering, aplikasi 3D yang lebih ciamik, perbaikan tampilan manajemen user, penyertaan Zarafa groupware, penyertaan Brtfs untuk sistem partisi yang mampu melakukan snapshot disk (bisa roll back data ke posisi dan waktu tertentu), perbaikan pada aplikasi virtualisasi, terutama KVM yang secara default akan menjadi pilihan utama pada Red Hat Enterprise Linux 6 dan banyak perbaikan lainnya yang selengkapnya bisa dibaca disini : http://fedoraproject.org/wiki/Fedora_13_announcement

Fedora 13 (Goddard)

Catatan : Credit gambar pada 2 screenshot diatas : http://www.blogsdna.com/10497/fedora-13-is-finally-here.htm

Bagi para pengguna Fedora maupun para penggemar Linux yang selama ini menggunakan distro lain, rilis kali ini menarik dan pantas dicoba karena nama besar Red Hat di dunia enterprise menjadi jaminan bahwa produk-poduk dari project Fedora  yang disponsorinya menjadi salah satu distro besar berkualitas dan menjadi salah satu inovator untuk pengembangan aplikasi di dunia Linux.

Pin It

4 thoughts on “Catatan Instalasi Fedora 13 pada Acer 4740G

  1. saya newbie linux, fedora 12, kenapa utk dapat memakai fitur di fedora mesti konek ke internet ya, misal gak konek ke inter fitur spt apache, mysql gak jalan tuh,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*