Diskusi Hangat soal BSE & Deface Situs

Ada diskusi hangat mengenai Buku Sekolah Elektronik (BSE) di milis Linux-Aktivis yang posting awalnya dikirim oleh rekan saya, Cak Anas. Saya pernah bertemu dengannya sewaktu ada kunjungan ke Surabaya beberapa waktu (tahun) yang lalu.

Diskusi yang awalnya berasal dari pertanyaan sederhana berkembang menjadi berbunga-bunga karena beberapa kali arah diskusi berbelok pada hal-hal yang bukan merupakan substansi mendasar, misalnya soal top posting & perilaku BlackBerry (milis Linux-Aktivis memiliki tata tertib untuk selalu menggunakan bottom posting-reply ada dibawah posting-sedangkan reply via BlackBerry biasanya menempatkan jawaban diatas posting) serta ada beberapa kali pembahasan yang sifatnya personal. Maklum, respon kalem biasanya berbuah kalem dan sebaliknya.

Saya pribadi mengikuti diskusi secara silent karena memang sedang menulis buku dan melakukan update artikel. Saya tertarik ketika ada link ke BSE “resmi” di Kemendiknas, karena biasanya saya mengakses BSE melalui website Telkom Speedy atau melalui mirror Kambing UI. Alamat URL resmi ini berada di alamat http://bse.kemdiknas.go.id/. Ketika saya mengaksesnya pagi ini, yang terlihat adalah halaman sebagai berikut :

Kalau dilihat dari page sourcenya, sepertinya deface ini hanya menambahkan script tertentu karena source asli masih tetap ada dan tidak berubah.

Apakah deface ini buntut dari kehangatan diskusi yang terjadi, tentu masih terlalu dini menilainya. B saja hanya kebetulan belaka mengingat software yang dipakai untuk situs terbilang populer dan banyak dipakai di situs Indonesia . Admin di BSE tentu punya log yang lebih lengkap soal akses koneksi ke server BSE. Satu hal yang jelas, celahnya patut segera diperbaiki, tentu setelah membuat analisa dan salinan dari celah yang menjadi pintu masuk deface.

Saya pribadi pernah membuat salinan buku BSE yang kemudian saya distribusikan untuk adik, keponakan dan teman-teman sekolah mereka. Kualitasnya sendiri termasuk bagus dan mestinya sangat bermanfaat, terutama jika melihat harga buku dipasaran.

BSE ini boleh dicetak secara bebas dan boleh juga diperjualbelikan, dengan syarat memenuhi ketentuan Harga Eceran Tertinggi yang ditetapkan oleh Depdiknas karena tujuan BSE sendiri sebenarnya untuk menghapus kartel buku di sekolah-sekolah yang kerap merugikan siswa.

Pertanyaan lanjutan, seberapa besar pengetahuan anda soal BSE? Apakah sudah pernah menggunakan BSE baik untuk keluarga maupun lingkungan sekolah & sekitar anda ?

Pin It

3 thoughts on “Diskusi Hangat soal BSE & Deface Situs

  1. saya juga pake BSE untuk anak2. print sendiri dengan menggunakan kertas 1/2 pakai, lumayan buat pengayaan untuk anak2 karena disekolah mereka gak pake buku pegangan BSE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*