Instalasi & Konfigurasi KVM Virtualization pada openSUSE 11.3

KVM (Kernel-based Virtual Machine) adalah teknologi virtualisasi yang perkembangannya sangat signifikan dan dianggap sebagai salah satu kompetitor terkuat bagi Xen Hypervisor. Salah satu keunggulan utama KVM adalah terintegrasinya modul KVM dengan kernel Linux sehingga KVM bisa langsung dipergunakan pada native kernel tanpa harus melakukan patch atau melakukan instalasi kernel terpisah seperti halnya Xen Hypervisor. Beberapa vendor besar seperti Red Hat akan memfokuskan teknologi virtualisasinya pada KVM dengan menyertakan KVM sebagai default virtualization technology pada produk Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 6.0. Vendor besar lainnya, Novell sudah menyertakan KVM pada produk SUSE Linux Enterprise Server (SLES) 11 Service Pack 1.

Bagi para pengguna openSUSE, KVM juga sudah disertakan pada produk openSUSE 11.3 yang baru saja diluncurkan pada tanggal 15 Juli 2010 yang lalu. Karena manajemen KVM diintegrasikan pada YAST (tools manajemen hardware, software, system dan service pada SUSE), instalasi dan konfigurasi KVM sangat mudah dilakukan. Berikut adalah contoh instalasi dan konfigurasi KVM  pada openSUSE 11.3 64 bit.

  1. Instalasi modul KVM menggunakan YAST atau Zypper. KVM sudah disertakan secara default pada openSUSE 11.3 sehingga kita tidak perlu melakukan download secara manual. Install paket berikut : kvm, libvirt, libvirt-python, virt-utils, yast2-vm, virt-manager, virt-viewer, bridge-utils, vm-install. Cara lain untuk instalasi adalah denga memilih menu YAST | Virtualization | Install Hypervisor and Tools dan kemudian menambahkan package KVM melalui menu YAST | Software | Software Management, hanya saja cara kedua ini akan otomatis menambahkan Xen Hypervisor juga 🙂 .
  2. Aktifkan Virtual Daemon. Buka YAST |  System | System Services (runlevel) dan set enable untuk libvirtd
    `
  3. Buka YAST | Virtualization | Virtual Machine Manager
    `
  4. Jika belum ada pilihan “localhost (QEMU), lakukan koneksi dengan memilih menu File | Add Connection dan memilih koneksi KVM/QEMU kemudian klik Connect
    `
  5. Setelah aktif, kita bisa langsung membuat sebuah appliance dengan memilih tombol New dan mengikuti wizard yang diberikan.

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Xen Hypervisor pada SLES atau openSUSE, manajemen KVM Virtualization tidak berbeda penggunaannya. Hal ini karena SUSE melakukan standarisasi penggunaan Xen dan KVM dan mengintegrasikannya pada YAST.

Pin It

5 thoughts on “Instalasi & Konfigurasi KVM Virtualization pada openSUSE 11.3

  1. Mantap nih artikelnya, ditunggy yang untuk debian :).
    Kalo prosesor host belum support intel-vt/amd-v, KVM nya jadi gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*