Presentasi Implementasi Zimbra Mail Server

Hari Selasa, 27 Juli 2010 kemarin saya meluncur kesebuah perusahaan media yang berada di bilangan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Agendanya adalah presentasi mengenai implementasi Zimbra Mail Server untuk menggantikan sistem mail server yang selama ini digunakan oleh perusahaan yang dirasa kurang dapat memenuhi ekspektasi para penggunanya.

Saya meluncur dari Bekasi sekitar pukul 08.00 WIB, nantinya amprokan (bertemu) di lokasi dengan seorang staff support Excellent yang datang dari Tangerang. Berangkat ditingkahi hujan lebat dari Bekasi, saya terjebak kemacetan cukup lama di tol dalam kota sehingga baru sampai di lokasi melebihi pukul 10.00 WIB, schedule untuk presentasi yang sudah disepakati dengan pihak perusahaan.

Saat terjebak kemacetan, saya mengirimkan pesan singkat permohonan maaf karena tidak dapat tiba di lokasi tepat waktu.

Sampai di lokasi, mas Budi Sumawijaya yang jadi team support Excellent sudah menunggu. Kami berdua masuk ke dalam dan siapa nyana didepan pintu malah bertemu dengan blogger senior yang saya hormati, Ndoro Kakung alias mas Wicaksono. Ow, ya-ya-ya, saya lupa kalau beliau memang bekerja di perusahaan media yang saya tuju. Sayang saya nggak bawa kaus putih buat ditanda tangani oleh blogger seleb ini 😀 .

Presentasi berjalan lancar dan obrolan  ringan maupun pertanyaan yang dikemukakan berusaha saya jelaskan sebaik-baiknya (meski mungkin muka saya kelihatan tegang, padahal saya sudah berusaha rileks, sumpah 😛 )

Selain berupa review mengenai feature Zimbra, segala hal tentang Zimbra, perbandingan Zimbra dengan solusi mail server lain, diskusi juga berkait dengan best practise implementasi Zimbra, disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan, termasuk soal mekanisme teknologi MX Backup, High Availability Server, Multi Domain Support, Split DNS dan Split Domain. Mudah-mudahan penjelasan saya ini bisa memperjelas gambaran yang ingin kami sampaikan pada pihak perusahaan.

Presentasi selesai menjelang pukul 12.00 WIB. Sebelum pulang, pihak perusahaan memberikan saya oleh-oleh produk mereka terbitan hari itu, disertai dengan kemeja bagus dan ATK. Bingkisan ini tentu kami terima dengan senang hati. Sambil tak lupa memberikan salam hormat pada Ndoro Kakung, kami kembali ke habitat masing-masing 😛 yang alhamdulillah lebih lancar dibanding saat kami berangkat.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*